MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI CERDAS SEBAGAI LIFE SKILL DI ERA SOCIETY 5.0 PADA MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA RW 03 RT 02 KECAMATAN PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i1.37962Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi terlebih di era 5.0 saat ini sehingga tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya masyarakat. Tuntutan global menuntut dunia untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap kehidupan social masyarakat. Teknologi informasi dapat dikatakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi. Oleh karena itu, di Era 5.0, penting untuk mengatasi permasalahan komunikasi ini melalui pendekatan yang cermat dan terencana. Pendidikan digital yang inklusif, kebijakan privasi yang kuat, dan pengembangan teknologi yang mempertimbangkan aspek kemanusiaan adalah beberapa langkah yang penting untuk memastikan bahwa keterhubungan ini menguntungkan semua pihak dan tidak meninggalkan siapa pun di belakang. Komunikasi dan manusia merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada manusia yang tidak berkomunikasi, dan komunikasi pun tidak akan dapat berkembang tanpa adanya manusia. Dengan demikian antara keduanya saling terkait. Dalam prakteknya komunikasi dilakukan dalam berbagai bentuk dan sifat. Secara umum bentuk komunikasi ada tiga, yaitu komunikasi antar individu (interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communication) dan komunikasi massa (mass communication). Sedangkan sifat komunikasi diantaranya seperti tatap muka (face to face), verbal dan non verbal, serta bermedia. Sedangkan hambatan yang dihadapi Kelurahan Pondok Benda RW03 RT02 adalah terkait dengan sumber daya manusia (SDM) dan pemahaman terkait komunikasi di era 5.0, di mana banyak masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengetahuan teknologi. Hasil yang diperoleh adalah bertambahnya wawasan dan pengetahuan peserta dalam penggunaan kecerdasan kemampuan komunikasi melalui teknologi komunikasi terkini dan sekaligus sebagai ketrampilan yang bisa digunakan dalam usaha UKM bagi peserta.
Kata kunci: Komunikasi, Kecakapan Hidup, Masyarakat 5.0.
References
Haris. B. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal
Pendidikan Islami, 8(1), 31-43.
Kumara, D., Dhiani, H. P., & Wardani, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran
Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UKM di Pondok Pesantren Yatim Al
Hanif. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 5(2), 100-120.
Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada
Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(1), 20-29.
Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna
Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73-
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis strategi pesan content marketing untuk
mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.
Prabowo, H., Senowarsito, S., Prabowo, A. B., & Indriasari, I. (2022). PEMBUATAN
KONTEN MARKETING PRODUK BUMDes UNTUK PENINGKATKAN MINAT
DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583-588.
Pusya, G. A. N. S. K., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). STRATEGI DAN
PENERAPAN DESAIN KONTEN MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI
BRAND AWARENESS JEALOUS BEAUTY SOLUTION. VISWA DESIGN: Journal
of Design, 2(1), 15-24.
Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa
Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (eJournal), 8(1), 29-44.
Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi
Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 1(4), 604-609.
RINDI OKTAVIA, R. O. (2021). Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui
Website. Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui Website.
Sari, M. N., Waskito, A., & Pramestari, D. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING
UNTUK UMKM: STRATEGI PEMASARAN TANAMAN PORANG MELALUI
CHANNEL YANG OPTIMAL PADA PLATFORM YOUTUBE. Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(3), 82-91.
Sigit, H. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota
Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi. 3(1), 30-39.
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadapkeputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
Sulastri. H. (2021). Pembelajaran Di Era 5.0. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era
Masyarakat 5.0, 265-276.
Sukarno. M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding
Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi Umby, 32-37.
Thamrin. A. (2014). Komunikasi Bermedia. Jurnal Iqra’, 8(1), 63-67.
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi
Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.
Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif
Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala
Visual, 3(1), 8-16.
Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan
Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY:
Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).
https://kecpamulang.tangerangselatankota.go.id/main/content/index/pondok_benda/18 di akses
pada 5 Oktober 2023 pukul 12.43 wib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/