MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI CERDAS SEBAGAI LIFE SKILL DI ERA SOCIETY 5.0 PADA MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA RW 03 RT 02 KECAMATAN PAMULANG

Authors

  • Dedek Kumara Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Ahmad Dimyati Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi terlebih di era 5.0 saat ini sehingga tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya masyarakat. Tuntutan global menuntut dunia untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap kehidupan social masyarakat. Teknologi informasi dapat dikatakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi. Oleh karena itu, di Era 5.0, penting untuk mengatasi permasalahan komunikasi ini melalui pendekatan yang cermat dan terencana. Pendidikan digital yang inklusif, kebijakan privasi yang kuat, dan pengembangan teknologi yang mempertimbangkan aspek kemanusiaan adalah beberapa langkah yang penting untuk memastikan bahwa keterhubungan ini menguntungkan semua pihak dan tidak meninggalkan siapa pun di belakang. Komunikasi dan manusia merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada manusia yang tidak berkomunikasi, dan komunikasi pun tidak akan dapat berkembang tanpa adanya manusia. Dengan demikian antara keduanya saling terkait. Dalam prakteknya komunikasi dilakukan dalam berbagai bentuk dan sifat. Secara umum bentuk komunikasi ada tiga, yaitu komunikasi antar individu (interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communication) dan komunikasi massa (mass communication). Sedangkan sifat komunikasi diantaranya seperti tatap muka (face to face), verbal dan non verbal, serta bermedia. Sedangkan hambatan yang dihadapi Kelurahan Pondok Benda RW03 RT02 adalah terkait dengan sumber daya manusia (SDM) dan pemahaman terkait komunikasi di era 5.0, di mana banyak masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengetahuan teknologi. Hasil yang diperoleh adalah bertambahnya wawasan dan pengetahuan peserta dalam penggunaan kecerdasan kemampuan komunikasi melalui teknologi komunikasi terkini dan sekaligus sebagai ketrampilan yang bisa digunakan dalam usaha UKM bagi peserta.

Kata kunci: Komunikasi, Kecakapan Hidup, Masyarakat 5.0.

References

Haris. B. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal

Pendidikan Islami, 8(1), 31-43.

Kumara, D., Dhiani, H. P., & Wardani, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran

Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UKM di Pondok Pesantren Yatim Al

Hanif. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 5(2), 100-120.

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada

Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(1), 20-29.

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra

Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna

Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73-

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis strategi pesan content marketing untuk

mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.

Prabowo, H., Senowarsito, S., Prabowo, A. B., & Indriasari, I. (2022). PEMBUATAN

KONTEN MARKETING PRODUK BUMDes UNTUK PENINGKATKAN MINAT

DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583-588.

Pusya, G. A. N. S. K., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). STRATEGI DAN

PENERAPAN DESAIN KONTEN MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI

BRAND AWARENESS JEALOUS BEAUTY SOLUTION. VISWA DESIGN: Journal

of Design, 2(1), 15-24.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa

Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (eJournal), 8(1), 29-44.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi

Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 1(4), 604-609.

RINDI OKTAVIA, R. O. (2021). Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui

Website. Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui Website.

Sari, M. N., Waskito, A., & Pramestari, D. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING

UNTUK UMKM: STRATEGI PEMASARAN TANAMAN PORANG MELALUI

CHANNEL YANG OPTIMAL PADA PLATFORM YOUTUBE. Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(3), 82-91.

Sigit, H. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota

Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi. 3(1), 30-39.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadapkeputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).

Sulastri. H. (2021). Pembelajaran Di Era 5.0. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era

Masyarakat 5.0, 265-276.

Sukarno. M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding

Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi Umby, 32-37.

Thamrin. A. (2014). Komunikasi Bermedia. Jurnal Iqra’, 8(1), 63-67.

Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi

Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif

Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala

Visual, 3(1), 8-16.

Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan

Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY:

Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).

https://kecpamulang.tangerangselatankota.go.id/main/content/index/pondok_benda/18 di akses

pada 5 Oktober 2023 pukul 12.43 wib.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Kumara, D., & Dimyati, A. (2024). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI CERDAS SEBAGAI LIFE SKILL DI ERA SOCIETY 5.0 PADA MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA RW 03 RT 02 KECAMATAN PAMULANG. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(1). Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/COMM/article/view/37962