Pemanfaatan Digital Media Komunikasi Melalui Aplikasi TikTok Sebagai Sarana Pemasaran Online pada Masyarakat di Kelurahan Pondok Benda RT 02 RW 03
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i1.38166Abstract
Pada era digitalisasi saat ini, banyak perusahaan menggunakan strategi pemasaran online dalam mengembangkan usahanya. Pemasaran online sendiri dapat dimaknai sebagai kegiatan mempromosikan barang atau jasa melalui internet. Strategi pemasaran online kini lebih diminati pelaku bisnis karena menawarkan banyak manfaat serta keunggulan dibandingkan pemasaran konvensional. Salah satu strategi pemasaran online adalah menggunakan media sosial. Peningkatan penggunaan media sosial dari tahun ke tahun semakin bertambah pesat. Pernyataan tersebut menjadi alasan mengapa media sosial kini menjadi media pemasaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk kepada target pasar luas. TikTok sebagai salah satu media sosial dapat menjadi solusi sebagai sarana dalam pemasaran online melalui pembuatan konten. Dengan pelatihan ini, diharapkan masyarakat khususnya bagi yang sudah memiliki usaha memiliki keterampilan dan wawasan dalam memanfaatkan media TikTok sebagai sarana pemasaran online serta memiliki minat berwirausaha secara online. Lebih jauh masyarakat khususnya yang sudah memiliki usaha offline memiliki keinginan untuk memulai usahanya secara online. Kemampuan yang diperoleh ini dirasakan sangat bermanfaat. TikTok sebagai salah satu platform media sosial dapat menjadi sarana untuk berbagi informasi, juga merupakan model yang dapat digunakan untuk saling memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan dengan menggunakan metode seminar, pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Okktober 2023 bertempat di Jl. Kesadaran No.61 RT 2 RW, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Peserta pelatihan dan pendampingan adalah masyarakat dan pelaku usaha di Kelurahan Pondok Benda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/