Pelatihan Jurnalistik Digital pada Organisasi Kepemudaan Kelurahan Lengkong Karya Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Sandra Olifia Universitas Pamulang
  • Muhammad Firdaus Rahmadi Universitas Pamulang
  • Herik Kurniawan Universitas Pamulang

Keywords:

Pelatihan, Jurnalistik Digital, Jurnalisme Warga

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi di era digital saat ini memunculkan terjadinya pergeseran baru dalam bidang media massa, dari bentuk hingga cara penyajian informasi. Teknologi informasi berimplikasi terhadap munculnya media baru di era digital, yakni internet. Kemunculan media baru, salah satunya media sosial yang tumbuh sangat pesat saat ini memberukan dampak terhadap Masyarakat selain sebagai pengguna, tapi juga memproduksi informasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memanfaatkan media sosial untuk berbagai kepentingan seperti menyebarkan informasi, berkomunikasi, membagikan kegiatan sehari-hari, bekerja, melakukan hobi, berbagi ilmu, hingga berbisnis. Maraknya pemanfaatan media sosial sebagai platform dalam mencari, memanfaat, bahkan memproduksi pesan juga dapat dilakukan Masyarakat atau warga dalam melakukan kegiatan jurnalistik warga (citizen journalism). Tentunya penggunaan harus ditunjang dengan kemampuan menulis yang baik. Apalagi tulisan itu erat kaitannya dengan keahlian penulisan digital. Maka itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan melatih keahlian dibidang jurnalistik dan media. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah Organisasi Kepemudaan Lengkong Karya sebanyak 30 orang yang tertarik terhadap bidang jurnalistik. Hasil dari kegiatan ini adalah anggota organisasi kepemudaan dapat mencari, melaporkan dan menulis informasi berupa berita (news) maupun ulasan (views) dan juga memiliki keahlian dalam mengambil foto dengan menggunakan teknik-teknik fotografi yang benar dan tepat sesuai kaidah jurnalistik. Selain itu, warga dapat memanfaatkan platform media sosial  untuk menginformasikan berbagai kegiatan dan potensi wilayah mereka, khususnya di Kelurahan Lengkong  Karya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

References

Kristiyono, Jokhanan. 2022. Kovergensi Media. Transformasi Media Komunikasi di Era Digital Pada Masyarakat Berjejaring. Penerbit Kencana. Jakarta.

Mondry, dkk. 2023. Jurnalistik. Panduan Pemahaman Teori dan Praktik. Penerbit Kencana. Jakarta.

Nasrullah, Rulli dkk. 2024. Jurnalisme Digital, Pendekatan Teknologi Baru dalam Teori dan Praktik Jurnalisme. Penerbit Kencana. Jakarta.

Romli, Asep Syamsul M.2020. Jurnalisme Online. Panduan Mengelola Media Online. Penerbit Nuansa Cendekia. Bandung.

Sambo, Masriadi. 2017. Pengantar Jurnalisme Multiplatform. Penerbit Kencana. Jakarta.

Setiadi, Eni. 2005. Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Tebba, Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Penerbit Kalam. Jakarta.

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Olifia, S., Firdaus Rahmadi , M., & Kurniawan, H. (2024). Pelatihan Jurnalistik Digital pada Organisasi Kepemudaan Kelurahan Lengkong Karya Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 96–104. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/COMM/article/view/42225