Pemanfaatan Media Sosial untuk Peningkatan Promosi UMKM di Kelurahan Lengkong Karya Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42267Keywords:
Media Sosial, Promosi, UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam hal pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Artikel ini membahas hasil program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pamulang, dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Efektivitas Promosi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Lengkong Karya, Tangerang Selatan." Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Melalui pelatihan dan pendampingan yang komprehensif, pelaku UMKM diperkenalkan pada dasar-dasar penggunaan media sosial, strategi pemasaran digital, dan pembuatan konten yang menarik. Hasil survei evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta untuk memanfaatkan media sosial, dengan 85% peserta merasa lebih percaya diri dan 70% berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif. Meskipun beberapa tantangan seperti keterbatasan akses teknologi masih ada, program ini berhasil mendorong kolaborasi dan networking antara pelaku UMKM, serta meningkatkan visibilitas dan daya saing produk mereka. Artikel ini menyimpulkan bahwa dukungan yang tepat, pelatihan berkelanjutan, dan pendampingan yang konsisten sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan perkembangan UMKM di masa depan. Rekomendasi untuk program pelatihan berkala, penyediaan fasilitas teknologi, dan pembentukan kemitraan strategis diusulkan untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan media sosial oleh UMKM di Kelurahan Lengkong Karya
References
Al-Zauqi, M. N., & Setiawan, I. (2020). Kinerja Pembiayaan UMKM Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 1(1), 152–159. https://doi.org/10.35313/jaief.v1i1.2399
Christiansen, D. T., & Utami, L. S. S. (2023). Pandangan Penggemar pada Kolaborasi Produk Somethinc X NCT Dream. Prologia, 7(1), 156–163. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.21280
Fauziyanti, W. (2023). Pelatihan Peningkatan Pemahaman Kapabilitas Inovasi Dan Kapabilitas Teknologi Informasi Pelaku Umkm Kelurahan Krapyak. Abdi Masya, 4(2), 113–119. https://doi.org/10.52561/abma.v4i2.266
Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138
Herdiman, L., Azizah, N. N., Adynata, I., Mahendra, N. F., Rihhadatuluisy, N. A., Haq, M. H. H., Murtinanda, F., Rahmadani, D., Syafira, W., Cahyanti, F. M., & Rahmah, F. N. (2022). Sosialisasi Pelatihan dan Digitalisasi dalam Usaha Peningkatan UMKM di Desa Trayu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4823–4829. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1096
Mardiansyah, I., & Kusumawardahani, T. (2024). Sales Communication Creativity In Selling Smartphone Products Post Pandemic Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 4(2), 139–152. https://doi.org/https://doi.org/10.54895/jkb.v4i2.2299
Najmudin, M. F. (2023). Implementasi Model Kolaborasi Pentahelix Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia UMKM. Abdimas Siliwangi, 6(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17681
Puspitasari, F. (2023). Pelatihan Analisis Biaya Berbasis Teknologi Bagi Tenant Rest Area KM 72 A. Adipati, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.31284/j.adipati.2023.v2i1.3528
Putra, R. O. P. (2022). Pentingnya Branding Dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Bisnis Olahan Tempe Pada Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31412
Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Budimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
Rinawati, H. S., Timur, B. P. dan P. (Bpp) P. J., & Sadewo, F. X. S. (2019). Pengembangan Model Kemitraan UMKM Dengan Usaha Skala Sedang Dan Besar Di Jawa Timur Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR). Matra Pembaruan, 3(2), 67–77. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.67-77
Rosadi, R. A. (2023). Pengaruh Pembiyaan Crowdfunding Syariah Pada Aplikasi Qazwa Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM Bandung. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 69–74. https://doi.org/10.29313/jrps.v2i1.2265
Sajilan, S., Tehseen, S., Yafi, E., & Ting, X. (2019). Impact of Facebook Usage on Firm’s Performances among Malaysian Chinese Retailers. GLOBAL BUSINESS FINANCE REVIEW, 24(4), 45–62. https://doi.org/10.17549/gbfr.2019.24.4.45
Sarwoprasodjo, S., Muljono, P., Purnamadewi, Y. L., Hidayati, R. K., Mardiansyah, I., Putri, A. R., & Cinara, L. A. (2023). Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Desa Sukajadi melalui Lokakarya dan Pelatihan Community based Tourism. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 343–354. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.9.3.343-354
Satria, C. (2024). Systematic Literature Review (Slr): Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm. Ekonomica Sharia Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 9(2), 207–220. https://doi.org/10.36908/esha.v9i2.1046
Soegoto, E. S., & Utomo, A. T. (2019). Marketing Strategy Through Social Media. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3), 032040. https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032040
Soviyana, K. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha. Jswe, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.58982/jswe.v2i1.161
Syamsulbahri, D. (2018). UMKM Dalam Perspektif Pembiayaan Inklusif Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 26(1), 59–76. https://doi.org/10.14203/jep.26.1.2018.59-76
Walvaart, M. te, Dhoest, A., & Van den Bulck, H. (2019). Production Perspectives on Audience Engagement: Community Building for Current Affairs Television. Media Industries Journal, 6(1). https://doi.org/10.3998/mij.15031809.0006.103
Wati, L. N., Soma, M., Mulyanti, R. Y., Santoso, I., & Supriatininingsih, S. (2023). Pelatihan Digital Skill Guna Meningkatkan Market Bagi Pengusaha UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru, 4(01), 62–67. https://doi.org/10.54147/jpkm.v4i01.784
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/