Pemanfaatan Media Sosial untuk Peningkatan Promosi UMKM di Kelurahan Lengkong Karya Tangerang Selatan

Authors

  • Iis Mardiansyah Universitas Pamulang
  • Adrie Arief Wibisono Universitas Pamulang
  • Rifqi Syahlendra

DOI:

https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42267

Keywords:

Media Sosial, Promosi, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam hal pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. Artikel ini membahas hasil program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pamulang, dengan tema "Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Efektivitas Promosi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Lengkong Karya, Tangerang Selatan." Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Melalui pelatihan dan pendampingan yang komprehensif, pelaku UMKM diperkenalkan pada dasar-dasar penggunaan media sosial, strategi pemasaran digital, dan pembuatan konten yang menarik. Hasil survei evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta untuk memanfaatkan media sosial, dengan 85% peserta merasa lebih percaya diri dan 70% berhasil mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang efektif. Meskipun beberapa tantangan seperti keterbatasan akses teknologi masih ada, program ini berhasil mendorong kolaborasi dan networking antara pelaku UMKM, serta meningkatkan visibilitas dan daya saing produk mereka. Artikel ini menyimpulkan bahwa dukungan yang tepat, pelatihan berkelanjutan, dan pendampingan yang konsisten sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan perkembangan UMKM di masa depan. Rekomendasi untuk program pelatihan berkala, penyediaan fasilitas teknologi, dan pembentukan kemitraan strategis diusulkan untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan media sosial oleh UMKM di Kelurahan Lengkong Karya

References

Al-Zauqi, M. N., & Setiawan, I. (2020). Kinerja Pembiayaan UMKM Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 1(1), 152–159. https://doi.org/10.35313/jaief.v1i1.2399

Christiansen, D. T., & Utami, L. S. S. (2023). Pandangan Penggemar pada Kolaborasi Produk Somethinc X NCT Dream. Prologia, 7(1), 156–163. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.21280

Fauziyanti, W. (2023). Pelatihan Peningkatan Pemahaman Kapabilitas Inovasi Dan Kapabilitas Teknologi Informasi Pelaku Umkm Kelurahan Krapyak. Abdi Masya, 4(2), 113–119. https://doi.org/10.52561/abma.v4i2.266

Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138

Herdiman, L., Azizah, N. N., Adynata, I., Mahendra, N. F., Rihhadatuluisy, N. A., Haq, M. H. H., Murtinanda, F., Rahmadani, D., Syafira, W., Cahyanti, F. M., & Rahmah, F. N. (2022). Sosialisasi Pelatihan dan Digitalisasi dalam Usaha Peningkatan UMKM di Desa Trayu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4823–4829. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1096

Mardiansyah, I., & Kusumawardahani, T. (2024). Sales Communication Creativity In Selling Smartphone Products Post Pandemic Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 4(2), 139–152. https://doi.org/https://doi.org/10.54895/jkb.v4i2.2299

Najmudin, M. F. (2023). Implementasi Model Kolaborasi Pentahelix Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia UMKM. Abdimas Siliwangi, 6(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17681

Puspitasari, F. (2023). Pelatihan Analisis Biaya Berbasis Teknologi Bagi Tenant Rest Area KM 72 A. Adipati, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.31284/j.adipati.2023.v2i1.3528

Putra, R. O. P. (2022). Pentingnya Branding Dan Inovasi Produk Untuk Pengembangan Bisnis Olahan Tempe Pada Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31412

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM Di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM Di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Budimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081

Rinawati, H. S., Timur, B. P. dan P. (Bpp) P. J., & Sadewo, F. X. S. (2019). Pengembangan Model Kemitraan UMKM Dengan Usaha Skala Sedang Dan Besar Di Jawa Timur Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR). Matra Pembaruan, 3(2), 67–77. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.67-77

Rosadi, R. A. (2023). Pengaruh Pembiyaan Crowdfunding Syariah Pada Aplikasi Qazwa Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM Bandung. Jurnal Riset Perbankan Syariah, 69–74. https://doi.org/10.29313/jrps.v2i1.2265

Sajilan, S., Tehseen, S., Yafi, E., & Ting, X. (2019). Impact of Facebook Usage on Firm’s Performances among Malaysian Chinese Retailers. GLOBAL BUSINESS FINANCE REVIEW, 24(4), 45–62. https://doi.org/10.17549/gbfr.2019.24.4.45

Sarwoprasodjo, S., Muljono, P., Purnamadewi, Y. L., Hidayati, R. K., Mardiansyah, I., Putri, A. R., & Cinara, L. A. (2023). Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Desa Sukajadi melalui Lokakarya dan Pelatihan Community based Tourism. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 343–354. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.9.3.343-354

Satria, C. (2024). Systematic Literature Review (Slr): Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm. Ekonomica Sharia Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 9(2), 207–220. https://doi.org/10.36908/esha.v9i2.1046

Soegoto, E. S., & Utomo, A. T. (2019). Marketing Strategy Through Social Media. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3), 032040. https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032040

Soviyana, K. (2022). Strategi Pemasaran UMKM Produksi Tahu Desa Batang Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pengusaha. Jswe, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.58982/jswe.v2i1.161

Syamsulbahri, D. (2018). UMKM Dalam Perspektif Pembiayaan Inklusif Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 26(1), 59–76. https://doi.org/10.14203/jep.26.1.2018.59-76

Walvaart, M. te, Dhoest, A., & Van den Bulck, H. (2019). Production Perspectives on Audience Engagement: Community Building for Current Affairs Television. Media Industries Journal, 6(1). https://doi.org/10.3998/mij.15031809.0006.103

Wati, L. N., Soma, M., Mulyanti, R. Y., Santoso, I., & Supriatininingsih, S. (2023). Pelatihan Digital Skill Guna Meningkatkan Market Bagi Pengusaha UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Langit Biru, 4(01), 62–67. https://doi.org/10.54147/jpkm.v4i01.784

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Mardiansyah, I., Wibisono, A. A., & Syahlendra, R. (2024). Pemanfaatan Media Sosial untuk Peningkatan Promosi UMKM di Kelurahan Lengkong Karya Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 52–62. https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42267