Sosialisasi Pentingnya Mengenal Budaya Organisasi Guna Membangun Citra Usaha Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42450Keywords:
Sosialisasi, Budaya Organisasi, Citra, Usaha, MasyarakatAbstract
Budaya organisasi memegang peranan penting dan strategis perkembangan dan kemajuan organisasi dalam bisnis, manajemen, lembaga pendidikan dan sosial lainnya organisasi. Budaya organisasi merupakan nilai-nilai kunci yang diyakini dan mengandung karakteristik yang dibawa oleh anggota organisasi ke dalam organisasinya, yang menjadi suatu sistem nilai, sehingga organisasi memiliki kepribadian sebagai suatu sistem yang diterima bersama dan akan menciptakan organisasi yang efektif dengan budaya yang kuat dan berbeda dengan organisasi lain. Dalam hal ini proses pembentukan sampai menuju internalisasi nilai-nilai dan budaya organisasi merupakan proses yang panjang, sehingga memerlukan strategi yang efektif. Secara fungsional, budaya organisasi memiliki beberapa fungsi. Pertama, budaya memiliki peran pembeda. Ini berarti bahwa budaya kerja menciptakan perbedaan yang jelas antar organisasi. Kedua, budaya organisasi memberi anggota organisasi rasa identitas. Ketiga, budaya perusahaan mendorong tumbuhnya komitmen terhadap sesuatu yang melampaui kepentingan pribadi individu. Keempat, budaya organisasi meningkatkan stabilitas sistem sosial. Dalam pembangunan organisasi, budaya memiliki peran penting dalam proses pengadaan organisasi. Budaya pada organisasi di setiap usaha cenderung berbeda di mana mereka memiliki adat dan kebiasaan yang berbeda. Pembentukan budaya di dalam suatu organisasi dilihat dari perbedaan budaya antara karyawan dengan yang punya usahanya di mana sering terjadi berbagai permasalahan terhadap kinerja karyawan dan pembentukan citra perusahaan. Selain itu, citra yang memiliki usaha di zaman modern ini menjadi hal yang sangat penting untuk dikelola dengan baik oleh pendiri maupun pengurus wirausahanya. Karakter masyarakat atau publik yang dinamis dengan perubahan zaman yang semakin pesat menimbulkan tantangan baru bagi para pengurus yang bertanggung jawab terhadap citra organisasi maupun usaha. Pengurus dituntut agar mampu menciptakan, memelihara, dan meningkatkan citra positif organisasi atau usaha yang telah ada, serta memperbaiki citra jika terjadi masalah dalam lembaga. Kreativitas, inovasi dan adaptif sangat diperlukan agar citra organisasi tetap terjaga dengan perkembangan serta kemajuan teknologi komunikasi. Sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini memberikan edukasi pentingnya mengenal budaya organisasi guna membangun citra usaha masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat di Kelurahan Pakulonanan Kota Tangerang Selatan setelah diberikan edukasi dan pemaparan materi lebih dapat memahami budaya organisasi dalam membangun citra usahanya.
References
Adam, Aenal Fuad and others, “Sosialisasi Dan Pelatihan Peningkatan Partisipasi Politik Dan Kebijakan Publik”, Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6.1 (2023), 165–72.
Anggoro, M. Linggar. (2008). Teori & Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraini, Katry, Annie Rufeidah, Unik Desthiani, Rahmayanti, Sewaka. (2022). Membangun Budaya Organisasi Sebagai Keunggulan Kompetitif pada Staf Yayasan Ruhama Gunung Sindur. Jurnal PKM: Jurnal Pengabdian Sosial. Vol. 2, No. 1. Tahun 2022. E-ISSN: 2807-2111. https://doi.org/10.32493/pbs.v2i1.18430.
Ardianto, Elvinaro. (2011). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Rosdakarya.
Beni, Ahmad Saebani. (2012). Pengantar Antropologi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Bernet dan Oliver Sandra. (2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Hanurawan, Fattah. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hawkins, D.I., dan Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy.11th edition. McGraw-Hill: Irwin.
KBBI (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
Kasali, Rhenald. (2003). Manajemen Public Relations & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Koentjaraningrat. (2013). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Lawang, Robert M.Z. (2013). Kapital Sosial, dalam Perspektif Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: FISIP UI Press.
MacIver, Robert Morrison, 2013. The Modern State ,London: Oxford University Press.
Normina, “Masyarakat Dan Sosialisasi,” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 12, no. 22 (2014): 107–115.
Rivai, Veithzal. (2003). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (Cetakan Pertama). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumarni, Murti, Suprihanto, John. (2014). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Liberty.
Susanto, AB., (1997). Budaya Perusahaan: Seri Manajemen Dan Persaingan Bisnis. Cetakan Pertama. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sutaryo. (2004). Dasar-Dasar Sosialisasi. Jakarta: Rajawali Press.
Sutojo, Siswanto. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.
Sutojo, S. (2011). Membangun Citra Perusahaan: Building The Corporate Image. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/