Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Usaha Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Muhamad Yopi Universitas Pamulang
  • Alvin Praditya Universitas Pamulang
  • surti wardani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42456

Keywords:

TIK, Strategi Komunikasi, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini mengkaji peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kelurahan Pakulonan. Dengan tingkat pemahaman yang bervariasi mengenai TIK, penelitian ini menyoroti pentingnya strategi komunikasi yang adaptif untuk meningkatkan penjualan dan daya saing UMKM. Analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, optimasi SEO, dan kampanye pemasaran kreatif dapat membantu UMKM menarik lebih banyak pelanggan dan bersaing lebih efektif di pasar lokal yang ketat. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara umum untuk menemukan bahwa kurangnya pengetahuan tentang peluang pasar menjadi salah satu hambatan utama bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Seperti mengembangkan pemahaman dan keterampilan penggunaan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) pada UMKM, meningkatkan kompetivitas UMKM di pasar lokal, meningkatkan pengetahuan tentang peluang pasar, dan membangun strategi komunikasi yang berkelanjutan. Dukungan yang berkelanjutan dari pemerintah, sektor swasta, dan komunitas sangat penting untuk mengatasi hambatan ini. Dengan strategi komunikasi yang berkelanjutan dan adaptif, seperti pelatihan pasar dan analisis tren, UMKM dapat lebih mudah mengenali dan memanfaatkan peluang pasar yang ada, sehingga mampu meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan usaha. Hasilnya Tingkat pemahaman UMKM tentang pemanfaatan teknologi infromasi dan komunikasi (TIK) cenderung bervariasi, tergantung pada berbagai faktor seperti latar belakang pendidikan, kesadaran tentang pentingnya TIK, kurangnya pengetahuan dan keterampilan, dan dukungan dari program pemerintah. Dukungan yang berkelanjutan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas, sangat penting untuk kesuksesan ini.

Author Biography

surti wardani, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen

References

Febria, Elma, dkk. "Strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat melalui usaha ekonomi produktif (UEP) dalam bentuk KUBE."Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol.4, no.3, 2022, hal.1899-1907.

Haryanto, Prof. Dr. (2014). Teori Komunikasi Konflik: Memahami Peran Komunikasi dalam Mengelola Konflik Manusia. Jakarta: Penerbit Buku Utama.

Hidayat, A.A. 2007, Metode Penelitian Keperawatan dan teknik Analisa Data. Penerbit Salemba medika

Iswan, R. (2023). Menggerakkan Semangat Umkm Yang Menjadi Potensi Unggulan Di Tangerang Selatan. Info Tangsel.

Https://Www.Bidiktangsel.Com/Info-Tangsel/9709807149/Menggerakkan- Semangat-Umkm-Yang-Menjadi-Potensi-unggulan-Di-Tangerang-Selatan. Diakses 18 Maret 2024.

Larso, D. (2019). The Impact of Information and Communication Technology (ICT) on Modern Communication Dynamics: Opportunities and Challenges. Journal of Communication Studies, 15(2), 78-94.

Linardo, Mr. 2018.Manajemen Pemasaran., Jakarta: Penerbit Cikudanews

Machfoedz, A. (2019). Creative Strategies in Marketing: Rational vs. Emotional Appeals. Journal of Marketing Communications, 25(2), 87-104.

Rakhmat, J. (2011). Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Rismanty, Vidya Amalia, dkk."Penerapan Aplikasi Si Apik Dalam Menyusun Laporan Pada UMKM Scale Up di Tangerang Selatan."Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat." Vol.1, No.1, hal.77-88.

Surahmi, Andi, dkk."Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang."Jurnal Komunikasi KAREBA,Vol.7, no.2, hal.232-239.

Wijoyo, Hadion. et al. 2021. Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi.Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Yopi, M., Praditya, A., & wardani, surti. (2024). Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Usaha Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42456