Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Usaha Masyarakat di Kelurahan Pakulonan Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42456Keywords:
TIK, Strategi Komunikasi, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini mengkaji peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam meningkatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kelurahan Pakulonan. Dengan tingkat pemahaman yang bervariasi mengenai TIK, penelitian ini menyoroti pentingnya strategi komunikasi yang adaptif untuk meningkatkan penjualan dan daya saing UMKM. Analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, optimasi SEO, dan kampanye pemasaran kreatif dapat membantu UMKM menarik lebih banyak pelanggan dan bersaing lebih efektif di pasar lokal yang ketat. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini secara umum untuk menemukan bahwa kurangnya pengetahuan tentang peluang pasar menjadi salah satu hambatan utama bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Seperti mengembangkan pemahaman dan keterampilan penggunaan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) pada UMKM, meningkatkan kompetivitas UMKM di pasar lokal, meningkatkan pengetahuan tentang peluang pasar, dan membangun strategi komunikasi yang berkelanjutan. Dukungan yang berkelanjutan dari pemerintah, sektor swasta, dan komunitas sangat penting untuk mengatasi hambatan ini. Dengan strategi komunikasi yang berkelanjutan dan adaptif, seperti pelatihan pasar dan analisis tren, UMKM dapat lebih mudah mengenali dan memanfaatkan peluang pasar yang ada, sehingga mampu meningkatkan ketahanan dan pertumbuhan usaha. Hasilnya Tingkat pemahaman UMKM tentang pemanfaatan teknologi infromasi dan komunikasi (TIK) cenderung bervariasi, tergantung pada berbagai faktor seperti latar belakang pendidikan, kesadaran tentang pentingnya TIK, kurangnya pengetahuan dan keterampilan, dan dukungan dari program pemerintah. Dukungan yang berkelanjutan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas, sangat penting untuk kesuksesan ini.
References
Febria, Elma, dkk. "Strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat melalui usaha ekonomi produktif (UEP) dalam bentuk KUBE."Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol.4, no.3, 2022, hal.1899-1907.
Haryanto, Prof. Dr. (2014). Teori Komunikasi Konflik: Memahami Peran Komunikasi dalam Mengelola Konflik Manusia. Jakarta: Penerbit Buku Utama.
Hidayat, A.A. 2007, Metode Penelitian Keperawatan dan teknik Analisa Data. Penerbit Salemba medika
Iswan, R. (2023). Menggerakkan Semangat Umkm Yang Menjadi Potensi Unggulan Di Tangerang Selatan. Info Tangsel.
Https://Www.Bidiktangsel.Com/Info-Tangsel/9709807149/Menggerakkan- Semangat-Umkm-Yang-Menjadi-Potensi-unggulan-Di-Tangerang-Selatan. Diakses 18 Maret 2024.
Larso, D. (2019). The Impact of Information and Communication Technology (ICT) on Modern Communication Dynamics: Opportunities and Challenges. Journal of Communication Studies, 15(2), 78-94.
Linardo, Mr. 2018.Manajemen Pemasaran., Jakarta: Penerbit Cikudanews
Machfoedz, A. (2019). Creative Strategies in Marketing: Rational vs. Emotional Appeals. Journal of Marketing Communications, 25(2), 87-104.
Rakhmat, J. (2011). Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Rismanty, Vidya Amalia, dkk."Penerapan Aplikasi Si Apik Dalam Menyusun Laporan Pada UMKM Scale Up di Tangerang Selatan."Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat." Vol.1, No.1, hal.77-88.
Surahmi, Andi, dkk."Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang."Jurnal Komunikasi KAREBA,Vol.7, no.2, hal.232-239.
Wijoyo, Hadion. et al. 2021. Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi.Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/