Pemantapan Penggunaan Komunikasi Digital Guna Perluasan Pemasaran Produk UMKM Binaan di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat

Authors

  • surti wardani Universitas Pamulang
  • Ahmad Dimyati Universitas Pamulang
  • Nurilah Hanum Universitas Pamulang

Keywords:

Komunikasi Digital, Pemasaran, Produk UMKM

Abstract

Komunikasi dapat berpengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya bidang pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran, penyampaian informasi secara tepat sangat dibutuhkan. Hampir semua organisasi ataupun perusahaan di bidang bisnis menggunakan komunikasi pemasaran untuk mempromosikan apa yang mereka tawarkan dan mencapai tujuan finansial dan nonfinansial organisasi dan individu, tidak terkecuali pelaku UKM/UMKM. Komunikasi digital membantu menyampaikan pesan ataupun informasi dari penjual/produsen kepada pembeli/konsumen dengan menggunakan media digital, dengan karakteristik yang jauh berbeda dengan komunikasi tradisional. Dari hasil observasi dan tinjauan lokasi, sebagian besar pelaku usaha belum memaksimalkan penggunaan komunikasi digital untuk membantu perluasan produk mereka dan masih menggunakan cara tradisional, serta jangkauan produk hanya berkisar di daerah setempat atau sampai pada tingkat kecamatan saja. Sebagai pelaku usaha maka kreatifitas dan inovasi kemajuan teknologi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan diiringi dengan optimalisasi SDM yang mumpuni dalam penggunaan komunikasi digital tersebut. Sebagai kelanjutan dari program sebelumnya, maka tim dosen PKM bermaksud melakukan kegiatan PKM pada Desa Ciampea Udik sekaligus untuk melihat perkembangan yang telah dilakukan para pelaku usaha UKM dan UMKM guna perluasan produk ke berbagai daerah. Kegiatan akan dilaksanakan dengan metode seminar dan diskusi serta praktek langsung mengenai komunikasi digital yang telah dipergunakan selama ini. Acara akan berlangsung selama tiga hari; Kamis – Sabtu, 2-4 Mei 2024, dengan harapan di akhir kegiatan peserta yang merupakan sebagian besar para pelaku UKM/UMKM dan masyarakat umum memperoleh tambahan pengetahuan, wawasan dan peningkatan ketrampilan mengenai komunikasi digital, sehingga dapat memanfaatkannya bagi perluasan produk dan berujung pada peningkatan penjualan. Target luaran yang akan dicapai adalah publikasi kegiatan dalam bentuk jurnal dan publikasi pada media massa online.

Author Biography

surti wardani, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen

References

Alamsyah, V. (2021). Pelatihan dan Pengenalan Digital Marketing: Menyusun Konten Marketing pada SMA Regina Pacis. Journal of Community Service and Engagement, 1(02), 52-55.

Auliasari, K., Kertaningtyas, M., Basuki, D. W. L., & Al Biruni, M. (2022). Pengembangan Konten YouTube Marketing pada Usaha Kreasi Kayu IMMUX. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(3), 428-438.

Chafey, Dave dan Chadwick. 2012. Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. New York: Pearson Education Limited.

Dimyati, A. (2023), Manajemen Komunikasi Suatu Pengantar, Banyumas:

Penerbit Wawasan Ilmu, Hal: 29

Dimyati, A. (2024), Manajemen Public Relations dan Reputasi Organisasi Nirlaba, Banyumas: Penerbit Wawasan Ilmu, Hal: 45

Eka. 2 Desember 2016. 6 Manfaat Content Marketing untuk usaha kecil anda. https://toffeedev.com/6-manfaat-content-marketing-usaha-kecil/

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi_strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi. Competitive, 16(1), 32-41.

Kumara, D., Dhiani, H. P., & Wardani, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UKM di Pondok Pesantren Yatim Al Hanif. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 5(2), 100-120.

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(1), 20-29.

M Duc Le. 2013. Content Marketing. Bachelor Thesis. Haaga Helia: University of Applied Sciences.

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73-84.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis strategi pesan content marketing untuk mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.

Prabowo, H., Senowarsito, S., Prabowo, A. B., & Indriasari, I. (2022). PEMBUATAN KONTEN MARKETING PRODUK BUMDes UNTUK PENINGKATKAN MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583-588.

Pulizzi, Joe.2014. Epic Content Marketing. US: Hill Education.

Pusya, G. A. N. S. K., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). STRATEGI DAN PENERAPAN DESAIN KONTEN MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI BRAND AWARENESS JEALOUS BEAUTY SOLUTION. VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(1), 15-24.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29-44.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

wardani, surti, Dimyati, A., & Hanum, N. (2024). Pemantapan Penggunaan Komunikasi Digital Guna Perluasan Pemasaran Produk UMKM Binaan di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 73–84. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/COMM/article/view/42457