Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif pada UMKM Binaan di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Authors

  • Dedek Kumara Universitas Pamulang
  • Arif Siaha Widodo Universitas Pamualng
  • Mutmainnah Universitas Pamualng

Keywords:

Komunikasi, Pemasaran, Strategi

Abstract

Komunikasi dan manusia merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada manusia yang tidak berkomunikasi, dan komunikasi pun tidak akan dapat berkembang tanpa adanya manusia. Dengan demikian antara keduanya saling terkait. Dalam prakteknya komunikasi dilakukan dalam berbagai bentuk dan sifat. Secara umum bentuk komunikasi ada tiga, yaitu komunikasi antar individu (interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communication) dan komunikasi massa (mass communication). Sedangkan sifat komunikasi diantaranya seperti tatap muka (face to face), verbal dan non verbal, serta bermedia. Komunikasi Pemasaran yang menarik akan memunculkan minat konsumen sebagai penghubung yang akhirnya mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian. Packaging sebagai faktor berikutnya akan secara langsung mempengaruhi konsumen dalam menganbil keputusan pembelian produk. Pertumbuhan positif e-commerce di Indonesia, telah merubah pola belanja masyarakat yang semakin bergeser dari pembelian secara konvensional ke pembelian secara elektronik atau online shopping. Perubahan pola perilaku belanja masyarakat Indonesia ini juga ditunjukkan dengan volume transaksi e-commerce yang meningkat. Strategi komunikasi pemasaran baik online maupun offline sangat diperlukan untuk pelaku usaha saat ini di tengah perkembangan serta persaingan antara e-commerce di Indonesia menjadi semakin ketat. Permasalahan yang banyak muncul bagi pelaku usaha yaitu mengenai konten marketing yang akan digunakan. Konten marketing yang dimaksud ialah bagaimana cara membuat suatu produk dijadikan konten seperti foto, gambar, video dan sebagainya itu memerlukan kreatifitas dan kemampuan digital yang mumpuni. Terlebih banyak dari pelaku usaha yang gaptek akan teknologi informasi ketinggalan dalam hal pemasaran digitalnya. Adapun metode yang dijalankan adalah dengan menjelaskan penerapan strategi komunikasi pemasaran dan memberikan contoh konkret, mempertimbangkan dampak sosial, ekonomi, dan budaya dari perkembangan teknologi ini.

Author Biography

Dedek Kumara, Universitas Pamulang

Prodi Manajemen, FEB, UNPAM

References

Alamsyah, V. (2021). Pelatihan dan Pengenalan Digital Marketing: Menyusun Konten Marketing pada

SMA Regina Pacis. Journal of Community Service and Engagement, 1(02), 52-55.

Arya. B. dkk. (2021). Paradoks Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 58-68.

Auliasari, K., Kertaningtyas, M., Basuki, D. W. L., & Al Biruni, M. (2022). Pengembangan Konten YouTube Marketing pada Usaha Kreasi Kayu IMMUX. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(3), 428-438.

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi_strategi digital marketing bagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk bersaing di era pandemi. Competitive, 16(1), 32-41.

Hassa. N dan Linna. A. (2009). Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Manajemen, 7(4), 1-9.

Haris. B. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islami, 8(1), 31-43.

Kumara, D., Dhiani, H. P., & Wardani, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan UKM di Pondok Pesantren Yatim Al Hanif. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 5(2), 100-120.

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2(1), 20-29.

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73-84.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis strategi pesan content marketing untuk mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.

Prabowo, H., Senowarsito, S., Prabowo, A. B., & Indriasari, I. (2022). PEMBUATAN KONTEN MARKETING PRODUK BUMDes UNTUK PENINGKATKAN MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583-588.

Pusya, G. A. N. S. K., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). STRATEGI DAN PENERAPAN DESAIN KONTEN MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI BRAND AWARENESS JEALOUS BEAUTY SOLUTION. VISWA DESIGN: Journal of Design, 2(1), 15-24.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29-44.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.

RINDI OKTAVIA, R. O. (2021). Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui Website. Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui Website.

Sari, M. N., Waskito, A., & Pramestari, D. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM: STRATEGI PEMASARAN TANAMAN PORANG MELALUI CHANNEL YANG OPTIMAL PADA PLATFORM YOUTUBE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(3), 82-91.

Sigit, H. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi. 3(1), 30-39.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).

Sulastri. H. (2021). Pembelajaran Di Era 5.0. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 265-276.

Sukarno. M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi Umby, 32-37.

Thamrin. A. (2014). Komunikasi Bermedia. Jurnal Iqra’, 8(1), 63-67.

Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 8-16.

Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Dedek Kumara, Siaha Widodo, A., & Mutmainnah. (2024). Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif pada UMKM Binaan di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 42–51. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/COMM/article/view/42459