Peran Komunikasi Organisasi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Kelurahan Lengkong Karya
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42461Keywords:
Usaha Mikro Kecil Menengah, Komunikasi OrganisasiAbstract
Komunikasi merupakan hal yang tidak pernah luput dari kehidupan manusia, sebagai upaya melakukan interaksi antar individu maupun antar kelompok dengan tujuan tertentu. Begitu pula dalam suatu organisasi yang penting memiliki visi misi yang jelas, komunikasi menjadi landasan dalam upaya membangun penyampaian pesan yang baik dan efektif demi mencapai tujuan organisasi. Program Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) kali ini menitikberatkan pada komunikasi organisasi yang melibatkan para penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat umum di wilayah ini. Sektor UMKM saat ini berkembang pesat terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang mencoba untuk melakukan kegiatan usaha baik untuk mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap maupun tidak. Di wilayah tertentu UMKM bahkan memiliki andil dalam pengembangan sektor ekonomi. Ada banyak faktor yang dapat menghambat proses berkembangnya UMKM diantaranya adalah komunikasi organisasi yang kurang efektif baik komunikasi internal antar anggota ataupun eksternal terkait pihak luar dalam proses mengembangkan UMKM yang mereka kelola. Perlu adanya kemampuan melakukan komunikasi organisasi internal & eksternal secara efektif dalam meningkatkan kolaborasi di dalam UMKM, untuk memperluas pasar dan meningkatkan akses terhadap sumber daya dan membuka peluang. PKM kali ini, ingin memberikan edukasi berupa penyuluhan terkait komunikasi organisasi pada UMKM yang ada di wilayah Lengkong Karya, Tangerang Selatan dalam upaya membantu para penggiat mengembangkan usahanya. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan melalui studi kasus, permainan hingga tanya jawab agar masyarakat lebih mudah memahami dan bisa mempraktekan secara langsung proses komunikasi organisasi yang baik dan efektif. Dan pada akhirnya melalui PKM penggiat UMKM mampu menjalankan usaha mereka dengan baik, memperluas peluang dan pastinya mendatangkan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.
References
Abdillah, M.2022. Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Waroeng Baper Pekanbaru. Repository Universitas Islam Riau.
Al-Madani, K.2020. Integrasi Interkoneksi Pendidikan Multikultural Berbasis Moderasi islam melalui Kurikulum Keagamaan Pendidikan Tinggi. Trilogi
Atmoko, BD.2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel Jakarta (ID_: Media Kita
Irwansyah et al. 2021. Perkembangan Peserta Didik. CV Widina Media Utama
Faizin, I. 2017. Strategi pemasaran jasa Pendidikan dalam meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah.
Gazali. 2013. Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk mencerdaskan Bangsa. Ai-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan.
Martini et al. 2022. Minat Berkunjung Wisatawan ke Obyek Wisata Kayu Putih Desa Tua Marga Ditinjau dari Daya Tarik Wisata dan Bauran Prmosi. Seminar Nasional Parwisata & Kewirausahaan.
Munir, M. 2018. Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik. Intizam
Nasrullah. R. 2014. Teori dan Riset media Siber (Cybermedia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sari & Basit. 2020. Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi.
Sari, MP.2017. Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP UNRI.
Yanuarita & Desrina.2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. JUPIN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/