Peran Komunikasi Organisasi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Kelurahan Lengkong Karya

Authors

  • Fikri Azis Universitas Pamulang
  • Gina Fauziah Universitas Pamulang
  • Atika Suri Universitas Pamulang

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Menengah, Komunikasi Organisasi

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang tidak pernah luput dari kehidupan manusia, sebagai upaya melakukan interaksi antar individu maupun antar kelompok dengan tujuan tertentu. Begitu pula dalam suatu organisasi yang penting memiliki visi misi yang jelas, komunikasi menjadi landasan dalam upaya membangun penyampaian pesan yang baik dan efektif demi mencapai tujuan organisasi. Program Pengabdian Kepada Masyarat (PKM) kali ini menitikberatkan pada komunikasi organisasi yang melibatkan para penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat umum di wilayah ini. Sektor UMKM saat ini berkembang pesat terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang mencoba untuk melakukan kegiatan usaha baik untuk mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap maupun tidak. Di wilayah tertentu UMKM bahkan memiliki andil dalam pengembangan sektor ekonomi. Ada banyak faktor yang dapat menghambat proses berkembangnya UMKM diantaranya adalah komunikasi organisasi yang kurang efektif baik komunikasi internal antar anggota ataupun eksternal terkait pihak luar dalam proses mengembangkan UMKM yang mereka kelola. Perlu adanya kemampuan melakukan komunikasi organisasi internal & eksternal secara efektif dalam meningkatkan kolaborasi di dalam UMKM, untuk memperluas pasar dan meningkatkan akses terhadap sumber daya dan membuka peluang. PKM kali ini, ingin memberikan edukasi berupa penyuluhan terkait komunikasi organisasi pada UMKM yang ada di wilayah Lengkong Karya, Tangerang Selatan dalam upaya membantu para penggiat mengembangkan usahanya. Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan melalui  studi kasus, permainan hingga tanya jawab agar masyarakat lebih mudah memahami dan bisa mempraktekan secara langsung proses komunikasi organisasi yang baik dan efektif. Dan pada akhirnya melalui PKM penggiat UMKM mampu menjalankan usaha mereka dengan baik, memperluas peluang dan pastinya mendatangkan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

References

Abdillah, M.2022. Analisa Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Waroeng Baper Pekanbaru. Repository Universitas Islam Riau.

Al-Madani, K.2020. Integrasi Interkoneksi Pendidikan Multikultural Berbasis Moderasi islam melalui Kurikulum Keagamaan Pendidikan Tinggi. Trilogi

Atmoko, BD.2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel Jakarta (ID_: Media Kita

Irwansyah et al. 2021. Perkembangan Peserta Didik. CV Widina Media Utama

Faizin, I. 2017. Strategi pemasaran jasa Pendidikan dalam meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah.

Gazali. 2013. Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk mencerdaskan Bangsa. Ai-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan.

Martini et al. 2022. Minat Berkunjung Wisatawan ke Obyek Wisata Kayu Putih Desa Tua Marga Ditinjau dari Daya Tarik Wisata dan Bauran Prmosi. Seminar Nasional Parwisata & Kewirausahaan.

Munir, M. 2018. Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik. Intizam

Nasrullah. R. 2014. Teori dan Riset media Siber (Cybermedia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sari & Basit. 2020. Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi.

Sari, MP.2017. Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa FISIP Universitas Riau. JOM FISIP UNRI.

Yanuarita & Desrina.2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. JUPIN.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Azis, F., Fauziah, G., & Suri, A. (2024). Peran Komunikasi Organisasi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Kelurahan Lengkong Karya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 62–72. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/COMM/article/view/42461