Optimalisasi Sosial Media Dalam Meningkatkan Branding UMKM di Kelurahan Pakulonan

Authors

  • Rifky Maulana Universitas Pamualng
  • Afni Yoana Tjahyani Gusma Universitas Pamualng
  • Astri Octaviani

DOI:

https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42462

Keywords:

Sosial Media, UMKM, Ibu PKK Kelurahan Pakulunan

Abstract

Penerapan media sosial sangat penting diterapkan dalam mencapai suatu branding dalam memasarkan UMKM yang ada, karena di jaman milenia saat ini. Orang banyak yang sudah menggunakan media sosial untuk memajukan usaha mereka. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Masyarakat atau ibu PKK dikelurahan Pakulonan bisa mengoptimalkan sosial media
mereka untuk meningkatkan branding yang mereka jual., Universitas Pamulang, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan Pelaksanaan bertempat di ruang Aula, yang berlokasi di Jl. Raya Serpong Kilometer 7 No.4, RT.4/RW.1, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15325. Metode kegiatan dalam bentuk pelatihan adalah metode pelatihan komprehensif yaitu memberi edukasi melalui penyuluhan secara keseluruhan peserta dalam hal ini adalah warga masyarakat ibu PKK di Kelurahan Pakulonan Serpong, Kota Tangerang Selatan yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, dengan pelatihan pemasaran UMKM mereka penelti berharap terjadi banyak peningkatan yang pesat untuk memajukan usaha mereka, ada berbagai cara dalam mengembangkan UMKM yaitu dengan membekali cara mengatur strategi marketing sosial media, melakukan riset kata kunci, optimalisasi profil media sosial, optimalisasi konten, optimalisasi jadwal posting.

References

Cahyono, Sugeng, Anang. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.

Idid, S. A., Wok, S., Dhaha, I. S. Y., & Ab. Aziz, N. (2012). Contemporary uses and gratifications of mobile phone use among youth: A comparative study. Dalam 21st AMIC Annual Conference “Forty Years of Media and Communication in Asia: Retrospect, Introspect and Prospects.” Disajikan pada tanggal 11-14 Juli 2012, di Concorde Hotel, Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. https://doi.org/10.1086/268109

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523.

McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. Sage Publications.

Pratiwi, Karina, E.L. dan Rianto, Puji (2023). Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus. Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 3(1), 19–34.

Saebani, B. A. (2012). Pengantar Antropologi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala, 16(2), 1-7.

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi.

Jakarta: Gaung Persada.

Tejokusumo, B. (2014). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Geoedukasi, III (1), 38–43. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/56331-ID-dinamika-masyarakat-sebagai- sumber-belaj.pdf

Wijayanti, S.H., dkk (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16 (2), 129-146.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Maulana, R., Yoana Tjahyani Gusma, A., & Astri Octaviani. (2024). Optimalisasi Sosial Media Dalam Meningkatkan Branding UMKM di Kelurahan Pakulonan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 21–31. https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42462