Optimalisasi Sosial Media Dalam Meningkatkan Branding UMKM di Kelurahan Pakulonan
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42462Keywords:
Sosial Media, UMKM, Ibu PKK Kelurahan PakulunanAbstract
Penerapan media sosial sangat penting diterapkan dalam mencapai suatu branding dalam memasarkan UMKM yang ada, karena di jaman milenia saat ini. Orang banyak yang sudah menggunakan media sosial untuk memajukan usaha mereka. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan Masyarakat atau ibu PKK dikelurahan Pakulonan bisa mengoptimalkan sosial media
mereka untuk meningkatkan branding yang mereka jual., Universitas Pamulang, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan Pelaksanaan bertempat di ruang Aula, yang berlokasi di Jl. Raya Serpong Kilometer 7 No.4, RT.4/RW.1, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15325. Metode kegiatan dalam bentuk pelatihan adalah metode pelatihan komprehensif yaitu memberi edukasi melalui penyuluhan secara keseluruhan peserta dalam hal ini adalah warga masyarakat ibu PKK di Kelurahan Pakulonan Serpong, Kota Tangerang Selatan yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, dengan pelatihan pemasaran UMKM mereka penelti berharap terjadi banyak peningkatan yang pesat untuk memajukan usaha mereka, ada berbagai cara dalam mengembangkan UMKM yaitu dengan membekali cara mengatur strategi marketing sosial media, melakukan riset kata kunci, optimalisasi profil media sosial, optimalisasi konten, optimalisasi jadwal posting.
References
Cahyono, Sugeng, Anang. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.
Idid, S. A., Wok, S., Dhaha, I. S. Y., & Ab. Aziz, N. (2012). Contemporary uses and gratifications of mobile phone use among youth: A comparative study. Dalam 21st AMIC Annual Conference “Forty Years of Media and Communication in Asia: Retrospect, Introspect and Prospects.” Disajikan pada tanggal 11-14 Juli 2012, di Concorde Hotel, Shah Alam, Selangor, Malaysia.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. https://doi.org/10.1086/268109
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523.
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. Sage Publications.
Pratiwi, Karina, E.L. dan Rianto, Puji (2023). Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus. Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 3(1), 19–34.
Saebani, B. A. (2012). Pengantar Antropologi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala, 16(2), 1-7.
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi.
Jakarta: Gaung Persada.
Tejokusumo, B. (2014). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Geoedukasi, III (1), 38–43. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/56331-ID-dinamika-masyarakat-sebagai- sumber-belaj.pdf
Wijayanti, S.H., dkk (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16 (2), 129-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/