Edukasi Menuju Masyarakat yang Cerdas dan Bijak dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v1i2.42463Keywords:
Edukasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Masyarakat Bijak, Masyarakat CiaterAbstract
Berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023. Jumlah tersebut meningkat 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna. Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19% dari total populasi Indonesia yang sebanyak 275,77 juta jiwa. Menurut data survey di atas, masyarakat Banten menduduki peringkat ke 1 dalam penggunaan teknologi infomasi khususnya internet. Salah satunya adalah Kelurahan Ciater. Ciater adalah sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia. Berangkat dari analisis situasi tersebut di atas, maka kemudian dilakukan pengabdian oleh tim pengabdi dari Universitas Pamulang terkait sosialisasi penyadaran pentingnya menjadi cerdas dan bijak dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi di kalangan masayarakat Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Metode kegiatan dalam bentuk edukasi dilakukan secara interaktif terhadap masyarakat Kelurahan Ciater Serpong, diawali dengan pemaparan materi berkenaan dengan bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara bijak, diikuti tanya jawab dan diakhiri dengan praktek langsung terhadap masyarakat salah satunya membuat akun Instagram Bisnis, WhatsApp Bisnis, dan TikTok. Melalui pengabdian ini maka diharapkan para masyarakat Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan lebih memiliki kesadaran tinggi dalam pentingnya menjadi cerdas serta bijak untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
References
Bundy, A. (2002). For a Clever Country: Information Literacy Di usion In The 21st Century : Background And Issues Paper For The 1st National Roundtable In Information Literacy . (diakses 23 April 2002).
Bothma, T., Cosijn, E., Fourie, I., dan Penzhorn, C. (2009). Navigating Information Literacy : Your Information Society Survival Toolkit. Cape Town: Pearson Education South Africa.
Bruce, C. (2003). Seven Faces of Information Literacy Today’s themes. (diakses 12 Oktober 2012).
Cahyono, Sugeng, Anang. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.
Idid, S. A., Wok, S., Dhaha, I. S. Y., & Ab. Aziz, N. (2012). Contemporary uses and gratifications of mobile phone use among youth: A comparative study. Dalam 21st AMIC Annual Conference “Forty Years of Media and Communication in Asia: Retrospect, Introspect and Prospects.” Disajikan pada tanggal 11-14 Juli 2012, di Concorde Hotel, Shah Alam, Selangor, Malaysia.
Pratiwi, Karina, E.L. dan Rianto, Puji (2023). Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus. Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 3(1), 19–34.
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.
Tejokusumo, B. (2014). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Geoedukasi, III (1), 38–43. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/56331-ID-dinamika-masyarakat- sebagai-sumber-belaj.pdf
Wijayanti, S.H., dkk (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16 (2), 129-146.
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research.
Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. https://doi.org/10.1086/268109
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. Sage Publications.
Saebani, B. A. (2012). Pengantar Antropologi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala, 16(2), 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/