Pemanfaatan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Produk UMKM Binaan Kelurahan Ciater, Tangerang Selatan

Authors

  • Virna Estriana Universitas Pamulang
  • Fadhail Fieryansyah Yusuf Universitas Pamulang
  • Elsya Pranajaya Universitas Pamulang

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, UMKM, Media Digital

Abstract

Media digital selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya para pelaku bisnis untuk membuat inovasi yang beragam dalam pengembangan produk melalui pemanfaatan media digital dalam memasarkan produknya. Komunikasi pemasaran adalah sarana dimana suatu perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan kepada konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran adalah sebagai sarana kegiatan untuk menyampaikan pesan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan melakukan komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan media digital bisa menjadi salah satu strategi yang juga digunakan oleh pelaku UMKM. Media digital menjadi trend yang paling populer untuk digunakan, mereka mengunakan media digital sebagai sarana hiburan maupun komunikasi. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut dan sebagai bentuk berbagi pengalaman, pengetahuan serta wawasan kepada para UMKM Binaan Kelurahan Ciater, Tangerang Selatan Universitas Pamulang, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk memberikan pelatihan dalam melakukan komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan media digital yang digunakan UMKM Binaan Kelurahan Ciater, Tangerang Selatan lakukan untuk meningkatkan penjualan dengan digital marketing yaitu membuat Search Engine Optimization, Membangun Content Marketing, dan memanfaatkan social media marketing diharapkan mereka dapat memperluas jangkauan pelanggan serta mendapatkan pelanggaan baru. Melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pentingnya komunikasi pemasaran dalam pemanfaatan media digital UMKM di Kelurahan Ciater, Kota Tangerang Selatan, diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan dan stretegi komunikasi pemasaran dalam pemanfaatan media digital untuk memasarkan produk UMKM, sehingga terjadi peningkatan bisnis para pelaku UMKM secara umum. Melalui pengabdian ini diharapkan para pelaku usaha UMKM Kelurahan Ciater, Tangerang Selatan dapat di aplikasikan dan sebagai masukan untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan pelaku UMKM untuk menarik minat konsumen, pemasaran menggunakan pemanfaatan media digital juga memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, dan memperluas pangsa pasar.

References

Chaffey, Dave, & Smith, P. (2021). E-Marketing Excellence Planning And Optimizing Your Digital Marketing. 3rd Edition. Butterworth.

Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi Content Marketing Dalam Membangun Customer Engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. Https://Doi.Org/10.46821/Benchmark.V3i1.283

Kobar, A. M., & Masruriyah, A. F. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Mempromosikan Dan Mening. Pengabdian Mahasiswa, 2(1).

Kurdi, M., & Firmansyah, I. D. (2020). Strategi Peningkatan Daya Saing Umkm Di Kabupaten Sumenep Melalui E-Commerce. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 569–575. Https://Doi.Org/10.22437/Jssh.V4i2.11003

Mustafa, D., Hs, S., & Mallawi, M. N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Pt. Rineka Cipta Makassar. Connected Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–15.

Nur’aeni, Ainulyaqin, M., & Sarwo Edy. (2024). Dampak Fenomena E-Commerce Pada Tingkat Penjualan Di Pasar Tradisional Ditinjau Dari Psikologi Dan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 270–284(10), 1.

Pusporini, P., Handayani, T., & Aryani, L. (2022). Strategi Pemasaran Produk Umkm Di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan–Banten. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 44–56.

Rogers, E. M. (2018). Diffusion Of Innovations. 5 Th Editions. The Free Press.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. Https://Doi.Org/10.24198/Sawala.V1i2.26588

Swasty, W. (2020). Branding. Pt Remaja Rosdakarya.

Tambunan, D. S., & Tri Indra Wijaksana, S.Sos., M. S. (2019). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness Pada Ovo. E-Proceeding Of Management, 6(1), 1178.

Yacub, Rudi, Mustajab, & Wahyu. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E- Commerce. Manajerial, 12(2), 198.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Estriana, V., Fieryansyah Yusuf, F., & Pranajaya, E. (2024). Pemanfaatan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Produk UMKM Binaan Kelurahan Ciater, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 1(2), 115–128. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/COMM/article/view/43345