SOSIALISASI TERHADAP BERITA HOAKS, MISINFORMASI, DAN DISINFORMASI DI PLATFORM MEDIA ONLINE DALAM KONTESTASI PILKADA 2024 PADA MASYARAKAT PONDOK KARYA RT 001/07 KECAMATAN PONDOK AREN TANGERANG SELATAN

Authors

  • Rezki Pratami Universitas Pamulang
  • Virna Estriana UNPAM
  • Adhvidya UNPAM

DOI:

https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.46902

Keywords:

Sosialisasi, Hoaks, Pilkada 2024, Media Online, Masyarakat

Abstract

Tugas menjadi seorang dosen wajib menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, antara lain pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Universitas Pamulang, memiliki kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan pengabdian masyarakat yang direncanakan ini difokuskan pada isu hoaks, misinformasi, dan disinformasi yang tersebar dalam berbagai platform media online dalam kontestasi Pilkada 2024 yang sekiranya akan menjadi hal yang buruk bila dibiarkan, terutama pada masyarakat umum pengguna platform media online dalam rentang usia yang sudah memiliki kewajiban untuk menjadi pemilih dalam Pilkada 2024 yaitu usia 17 tahun, serta khususnya masyarakat usia 30-60 tahun.

Hoaks merupakan berita bohong atau berita yang dibuat tidak pada kenyataan yang sebenarnya yang kemudian disebarluaskan. Berita Hoaks dibuat seolah-olah benar, sehingga mudah dipercaya bagi khalayak yang menerima berita tersebut. Berdasarkan konten informasi pada suatu berita yang dikatakan Hoaks, ternyata Hoaks dibagi menjadi dua yaitu misinformasi dan disinformasi. Misinformasi merupakan berita atau informasi yang tidak benar, tersebarluas tanpa ada unsur kesengajaan dalam kebohongan konten tersebut, tidak pula ada upaya untuk mengelabuhi si penerima berita. Sementara Disinformasi merupakan berita atau informasi yang sengaja dibuat salah atau tidak pada kondisi yang sebenarnya dengan maksud dan tujuan tertentu. Biasanya disinformasi ini dibuat untuk menguntungkan suatu pihak tanpa memikirkan dampak bagi pihak lain yang menerima informasi tersebut, dan ada pula sebagai penggiringan opini pada kasus tertentu. Berita dan informasi hoaks banyak sekali dijumpai pada platform media online, dimana platform media online disini digunakan disegala lini usia. Bertepatan pula dengan momen Pilkada 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang, penelitian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat yang sudah ditunjuk sebagai pengguna platform media online dalam menyikapi dan mengambil tindakan pengecekan ulang dan mencari tahu pada sumber yang kredibel dan akurat pada kabar berita dan informasi yang diterima mengenai Pilkada 2024. Dengan demikian, pada penelitian ini peneliti juga berharap masyarakat bisa menentukan pilihan pada calon pemimpin daerah yang betul-betul kompeten dibidangnya, dan dipilih dengan hati nurani tanpa ada gangguan dari isu berita Hoaks. Sehingga penggunaan platform media online menjadi kegiatan yang bisa membawa dampak positif bagi pengguna dan sekitarnya.

References

PKK/ Dasawisma Apel Pondok Karya

Downloads

Published

2025-02-13

How to Cite

Pratami, R., Estriana, V., & Adhvidya. (2025). SOSIALISASI TERHADAP BERITA HOAKS, MISINFORMASI, DAN DISINFORMASI DI PLATFORM MEDIA ONLINE DALAM KONTESTASI PILKADA 2024 PADA MASYARAKAT PONDOK KARYA RT 001/07 KECAMATAN PONDOK AREN TANGERANG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.46902