Pelatihan Teknik Editing Foto dalam Meningkatkan Branding di Media Sosial pada Produk UMKM Taman Jajan Permata Pamulang, Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.47178Keywords:
Pelatihan, Editing Foto, Branding Produk, Pelaku UMKMAbstract
UMKM merupakan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil maupun rumah tangga. Dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan akses masyarakat untuk memperoleh informasi. Pemanfaatan teknologi dengan tepat, dapat berdampak pada kemajuan UMKM. Teknologi informasi menawarkan banyak manfaat bagi pelaku usaha untuk
meningkatkan produktivitas dan pemasarannya. Untuk meningkatkan kemahiran Pelaku UMKM dalam mengedit foto produk untuk tujuan pemasaran daring, UMKM diharapkan dapat mempublikasikan foto produk yang terdokumentasi dengan baik dan memiliki nilai publikasi yang tinggi. Berkenaan hal tersebut, perlu diberikan pemahaman dalam bentuk pelatihan sebagai arahan agar pelaku UMKM mampu memahami dan menerapkan apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan branding produk jualan dari UMKM. Universitas Pamulang, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan di Taman Jajan Permata Pamulang, dengan target sasaran peserta pelaku UMKM Taman Jajan Permata. Metode kegiatan dalam bentuk pelatihan dilakukan secara interaktif, diawali dengan pemaparan materi mengenai pentingnya visual yang menarik dalam pemasaran produk , diikuti tanya jawab dan diakhiri dengan praktek langsung oleh pelaku UMKM, seperti teknik editing gambar melalui aplikasi ponsel, yang akan dipergunakan sebagai menjadi gambar latar maupun bukti pada aktifitas warga. Peserta memperoleh tambahan pengetahuan secara akademis dan teknis, serta wawasan, apa saja yang menjadi tolak ukur bagus tidaknya editing pada foto produk UMKM. Secara khusus peserta dapat memanfaatkan ponselnya untuk kegiatan yang positif dan secara umum peserta akan membantu penerapan editing foto yang benar ketika melakukan editing foto untuk produk UMKM yang akan di jual melalui social media
References
Cahyono, Sugeng, Anang. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.
Fauzi, Ulfah Intan (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal. Vol 2 No 1. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/74-Article%20Text-736-2-10-20220527.pdf
Putra, Yudha. Dkk. (2021). PR, Volume 1, No. 1, Hal. 11 – 21. Hal 13 Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber.
Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala, 16(2), 1-7.
Setiadi, Teguh, (2023). dkk. Implementasi Desain Digital Kreatif untuk Branding Produk Berbasis Mobile untuk Pelaku UMKM Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Communnity Development Journal Vol.4 No. 6 Tahun 2023, Hal. 11961-11969 P-ISSN 2721-5008| E- ISSN 2721-4990 11961, hal 11962.
Utami, Sri Rahayu. Dkk. (2022). Strategi UMKM dalam Menghadapi Pasar Pasar di Masa Pandemi Covid 19 (UMKM dalam Bidang Kuliner di Wilayah Kecamatan Tanjung Morawa). Jurnal Widya. Volume 3, Nomor 1, April 2022: halaman 81-94.
Veranita, Mira. Dkk. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Kabupaten Bandung). Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen (E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620) Vol XIII No 1, Maret 2022.
Muflikhun, M. N., Febrianto, R., Syailendra, D., Wibawa, B. B., Setiawan, A. N., & Rahmah, H. (2023). Peningkatan Skill Editing Foto & Video Melalui Pelatihan Pengenalan Aplikasi Editing Pada Siswa Kelas X. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89-102.
Rofianto, Dani. Dkk. (2024). Pelatihan Fotografi Dan Foto Editing Produk Menggunakan Kamera Smartphone Untuk UMKM Lampung. Jurnal Abimana Vol.1 No.1 Mei 2024 (hal 15- 20).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Suci Indah Sari, Bagus Anggoro Prasetyo, Ela Hulasoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/