Penguatan Kapasitas Manajerial Dan Komunikasi Digital Untuk Membangun Media Online MSMEs
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.47528Keywords:
Manajerial,, Komunikasi, Media OnlineAbstract
Manajemen yang baik sangat penting dalam mengarahkan bisnis ke arah yang lebih terstruktur dan berkelanjutan. Namun, banyak pemilik MSMEs yang menjalankan bisnis mereka berdasarkan pengalaman dan intuisi, tanpa didukung oleh pengetahuan manajemen yang memadai (Setiawan, 2020). Kondisi ini diperparah dengan minimnya akses terhadap pendidikan formal dalam bidang manajemen atau bisnis.Selain itu, banyak MSMEs yang tidak memiliki strategi yang jelas dalam menggunakan media sosial atau platform digital lainnya. Mereka sering kali hanya mengikuti tren tanpa memiliki tujuan yang spesifik atau rencana jangka panjang. Hal ini mengakibatkan penggunaan media online yang tidak konsisten dan tidak terarah, sehingga potensi penuh dari media online tidak dapat dimaksimalkan (Wicaksono, 2021). Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, permasalahan ini perlu diatasi dengan memberikan panduan dan strategi pemasaran digital yang terstruktur dan mudah diikuti.Selain tantangan dalam memulai digitalisasi, mitra MSMEs juga menghadapi permasalahan dalam memastikan keberlanjutan dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi yang cepat. Teknologi digital terus berubah dan berkembang, sehingga kemampuan untuk beradaptasi menjadi kunci keberhasilan. Banyak MSMEs yang tertinggal karena tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi, baik karena keterbatasan pengetahuan atau sumber daya (Raharjo, 2022).Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk penguatan kapasitas manajerial dan komunikasi digital MSMEs di Indonesia melibatkan pendekatan yang partisipatif dan berbasis kebutuhan, pelatihan dan workshop terstruktur, mentoring dan pendampingan langsung, pengembangan modul pembelajaran digital, penyediaan akses ke sumber daya teknologi, serta evaluasi dan pemantauan berkelanjutan. Sedangkan untuk luaran yang dicapai berupak jurnal terakreditasi.
References
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.
Claudia, M., Anisah, H. U., & Prihatiningrum, R. Y. (2019). PKM peningkatan kemampuan “pemasaran online” bagi komunitas perempuan di rumah kreatif Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(April), 86–93.
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media- sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021. Date Accessed 2021-08-15.
Datareportal.com. (2021). Most Used Social Media Platform. Date Accessed 2021-08- 15
Kusumawardhani, R., Kurniawan, S. I., & Kartikasari, E. (2020). Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Pada Deriji Craft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 4–8.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah- pengguna-internet- indonesia-2021-tembus-202-juta. Date Accessed 2021-09- 02.
Ryan Deiss (2020) The Ultimate Guide to Digital Marketing" oleh Ryan Deiss
Rizal, E., Khadijah, U. L. S., & Anwar, R. K. (2020). Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Kegiatan Wisata di Desa Cipacing Kabupaten Sumedang. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 32–36.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 327–337.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 dani uti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/