LITERASI MEDIA: BIJAK BERMEDIA SOSIAL
CARA CERDAS MENANGKAL PENYEBARAN HOAX PADA KADER-KADER KELURAHAN KEDAUNG WETAN, TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.47686Keywords:
Literasi Media, Media SosialAbstract
Perkembangan teknologi bertujuan mempermudah kehidupan manusia dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, terutama dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Meskipun TIK memberikan banyak manfaat, seperti memfasilitasi interaksi sosial, terdapat pula dampak negatif yang signifikan, termasuk akses ilegal, penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan pelanggaran norma sosial. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2022-2023, Indonesia memiliki 215,63 juta pengguna internet, dengan Banten sebagai provinsi dengan penggunaan tertinggi. Menanggapi hal ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang memberikan edukasi berupa penyuluhan dengan tema Literasi Media: Bijak Bermedia Sosial (cara cerdas menangkal penyebaran hoax di Kelurahan Kedaung Wetan, Tangerang) guna meningkatkan kecerdasan dan kebijaksanaan Masyarakat dengan mengedepankan landasan hukum Undang-Undang ITE. Pendekatan yang digunakan adalah Uses and Gratifications Theory untuk memahami motivasi masyarakat dalam memanfaatkan media khususnya para kader-kader Kedaung Wetan. Melalui metode pelatihan komprehensif, pemaparan studi kasus, dan sesi tanya jawab. Para Kader diharapkan lebih mudah memahami dan bisa mempraktekannya secara langsung bagaimana bijak dalam menggunakan sosial media dan membangun kesadaran dan tanggung jawab di masyarakat terhadap penggunaan TIK secara positif dan produktif khususnya di lingkungan Kelurahan Kedaung Wetan.
Kata Kunci: Literasi Media, Media Sosial
References
Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi Media Internet Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Humaniora, 6(4), 470–482. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376
Adiningsih, A. W. (2024). Analisis Adaptasi Masyarakat Terdampak Banjir Rob Di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Berbasis Ekosistem Pesisir [Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung]. https://repository.unissula.ac.id/32937/1/Perencanaan%20Wilayah%20dan%20Kota_31201900009_fullpdf.pdf#page=172.10
Afriyadi, F. (2015). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Atasan Dan Bawahan Karyawan PT. Borneo Enterprsindo Samarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi, 3(1), 362–376. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/ejurnal%20ferry%20genap%20(02-26-15-01-03-10).pdf
Akhmaddhian, S., & Fathanudien, A. (2015). Partisipasi Masyarakat dalam Mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi (Studi di Kabupaten Kuningan). UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 67–90. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v2i1.26
Anjani, S., & Kurniawan, R. R. (2022). Pengaruh Sosial Media Terhadap Remaja. Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, x(x), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/62ew8
Bothma, T., Cosijn, E., Fourie, I., dan Penzhorn, C. (2009). Navigating Information Literacy : Your Information Society Survival Toolkit. Cape Town: Pearson Education South Africa.
Bruce, C. (2003). Seven Faces of Information Literacy Today’s themes. (diakses 12 Oktober 2012).
Bundy, A. (2002). For a Clever Country: Information Literacy Di usion In The 21st Century : Background And Issues Paper For The 1st National Roundtable In Information Literacy . (diakses 23 April 2002).
Cahyono, Sugeng, Anang. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia, Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.
Harnita, P. C. (2017). Masihkah Perlu Khalayak Belajar Literasi Media? Jurnal Cakrawala ISSN, 6(1), 117–135. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/1291
Idid, S. A., Wok, S., Dhaha, I. S. Y., & Ab. Aziz, N. (2012). Contemporary Uses and Gratifications of mobile phone use among youth: A comparative study. Dalam 21st AMIC Annual Conference “Forty Years of Media and Communication in Asia: Retrospect, Introspect and Prospects.” Disajikan pada tanggal 11-14 Juli 2012, di Concorde Hotel, Shah Alam, Selangor, Malaysia.
Iman, D. K., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi Pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 24(1), 1–9. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=326664&val=6468&title=PENGARUH%20PEMASARAN%20MELALUI%20MEDIA%20SOSIAL%20TERHADAP%20KESADARAN%20KONSUMEN%20PADA%20PRODUK%20INTERNASIONAL%20Studi%20pada%20Pengguna%20Produk%20Uniqlo%20di%20Indonesia
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. https://doi.org/10.1086/268109
Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, 1(2), 193–198. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.200
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069
Kusmanto, H. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Demokasi Politik. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 2(1), 78–90. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jppuma.v2i1.582
Lazar, F. C. T., Tokan, F. B., & Niron, E. S. (2024). Relasi Kuasa Pemerintah Desa Dan Masyarakat Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Lamabelawa. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 8(2), 219–239. https://doi.org/https://doi.org/10.38043/jids.v8i2.5345
Limilia, P., & Aristi, N. (2019). Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Komunikatif, 8(2), 205–222. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/2199
Mahendra, R., Perssela, R. P., & Rahmadianti, W. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 650–656. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4525
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory. Sage Publications.
Meilinda, N. (2018). Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media, 2(1), 53–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jsm.v2n1.p53-64
Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Mulyasih, R. (2017). Pentingnya Literasi Media Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Lontar, 4(3), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/lontar.v4i3.364
Nasrullah, R. (2020). Media Sosial (6 ed.). Simbiosa Rekatama Media.
Nuriawati. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemasaran Dalam Bisnis Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 41. http://jurnal.stebibama.ac.id/index.php/JMB/index
Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen, 7(4), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/jmm.v8i2.188
Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat Dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163–175. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.253
Pratiwi, Karina, E.L. dan Rianto, Puji (2023). Etika Komunikasi dalam Bermedia Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus. Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 3(1), 19–34.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Tirtayasa EKONOMIKA, 12(2), 212–231. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/download/4456/3213
Saebani, B. A. (2012). Pengantar Antropologi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sari, S. (2019). Literasi Media Pada Generasi Milenial Di Era Digital. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6(2), 30–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943
Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala, 16(2), 1-7.
Sunarto, A. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Paham Radikalisme. NUANSA Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 10(2), 126–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v10i2.647
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.
Tejokusumo, B. (2014). Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Nasional Geo Edukasi, 3(1), 38. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/588/581
Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas Komunikasi Negosiasi Dalam Bisnis. Faiqatul Isma Dwi Utami 105 Komunike, IX(2), 105–122. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/komunike/article/download/1289/665
Wijayanti, S.H., dkk (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16 (2), 129-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fikri Azis, Sandra Olifia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi have CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Ilmiah Teknik Kimia recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/