SOSIALISASI KODE ETIK JURNALISTIK SEBAGAI UPAYA LITERASI MEDIA MEMERANGI HOAX BAGI KOMUNITAS TAMAN JAJAN PERMATA PAMULANG, KECAMATAN SERPONG, TANGERANG SELATAN

Authors

  • Ratna Komala Universitas Pamulang
  • Annisa Ratu UNPAM
  • Widayat UNPAM

DOI:

https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.47689

Keywords:

Kata Kunci: hoax, kode etik jurnalistik, media, pers.

Abstract

Pertumbuhan media pers yang pesat di Indonesia pasca reformasi tahun 1998, telah menimbulkan tantangan besar. Dari perkiraan Dewan Pers terkait  jumlah media di lapangan sekitar 40-50 ribu, hanya kurang dari 10 persen yang memenuhi standar profesional sebagai media pers. Artinya, produksi berita belum sesuai standar professional, yakni belum mengikuti kaidah-kaidah jurnalistik dan mengikuti kode etik jurnalistik. Dengan tidak melakukan verifikasi atau mencampur-adukan opini-opini pribadi dalam “berita” yang ditulis, maka akan dihasilkan berita yang tidak berkualitas bagi masyarakat, sekaligus produksi hoax menjadi marak. Pada saat yang sama, kehidupan pers di Indonesia juga harus berhadapan dengan teknologi digital yang mempengaruhi cara orang memproduksi konten berita. Saat ini semua orang, termasuk orang yang tidak memahami etika dapat menulis informasi bagi publik. Inilah yang mendorong penulis melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan sosialisasi Kode Etik Jurnalistik, sebagai upaya meningkatkan literasi media yang dapat mengedukasi masyarakat bagaimana mengenali berita yang benar dan membedakannya dengan hoax. Target sasaran pengabdian adalah pelaku UMKM Taman Jajan Permata Pamulang, di Tangerang Selatan, yang menggunakan social media dalam memasarkan produk mereka. Dengan metode pemaparan materi, simulasi dan group discussion di antara peserta, juga dengan narasumber, peserta dapat memahami dan mengidentifikasi berbagai jenis berita, apakah  itu hoax atau bukan.

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Dewan Pers. Buku Saku Wartawan. (2023). Edisi ke-18. Jakarta: Dewan Pers.

Herlina, Dyna. (2019). Literasi Media: Teori dan Fasilitasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidaya, Nurul Hidaya, Qalby, Nurul, Alaydrus, Sakiyah Syech Alaydrus, Darmayanti, Alviana , Putri, Putri Salsabila. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyebaran Hoax Oleh Digital Native. Makassar: ReserachGate.

Ireton, Cherilyn dan Posetti, Julie. (2019). Jurnalisme “Berita Palsu” dan Disformasi. Paris: UNESCO.

Komala, Ratna.(2020). Literasi Digital Untuk Perlindungan Data Privasi: Dibalik Kemudahan Belanja Daring. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). Vol. 6, No. 4 November 2022. e-ISSN: 2656-6753, p-ISSN: 2598-9944 DOI: 10.36312/jisip.v6i4.3527/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Kovach, Bill dan Rosentiel, Tom. (2003).Sembilan Elemen Jurnalisme. Apa yang Seharusnya Diketahui Wartawan dan yang Diharapakn Publik. Yayasan Pantau, Institut Studi Arus Informasi dan Kedutaan Besar amerika Serikat di Jakarta.

Kovach, Bill dan Rosentiel, Tom. (2019).Blur. Bagaimana Mengetahui Kebenaran di Era Banjir Informasi. Jakarta: Dewan Pers.

Littlejohn, Stephen W., Karen A. Foss, John G. Oetzel. (2017). Theories of Human Communications (Eleventh Edition). Illinois: Waveland Press.

Putra, Febriansyah dan Patra, Haldi. (2023).Analisis Hoax pada Pemilu: Tinjauan dari Perspektif Pendidikan Politik. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy Volume 2 Nomor 1 2023, pp 95-102 ISSN: 2827-864X (Online) – 2827-9670 (Print) DOI: https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.119

Hidayat, Nurul., Widyaningrum, Nrangwesthi dan Sarjito. (2021). Literasi Digital Dan Bela Negara : Sebuah Upaya Untuk Mencegah Hoax Dalam Sistem Pertahanan Negara. Makassar: ResearchGate.

Wardani, Surti., Komala, Ratna., Kurniawan, Herik. (2024). Analisis Pengetahuan Komunikasi Massa Terhadap Minat Jurnalisme Warga Pada Siswa Smk Pertiwi Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Media Komunikasi ,Universitas Pamulang, Volume 1, No. 2, Juni 2024.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Komala, R., Annisa Ratu, & Widayat. (2025). SOSIALISASI KODE ETIK JURNALISTIK SEBAGAI UPAYA LITERASI MEDIA MEMERANGI HOAX BAGI KOMUNITAS TAMAN JAJAN PERMATA PAMULANG, KECAMATAN SERPONG, TANGERANG SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.32493/comm.v2i1.47689