Peningkatan Literasi Konvergensi Media bagi Mahasiswa melalui Praktik Lapangan di Jawa Pos

Authors

  • munawara universitas hasyim asy'ari Tebuireng
  • Robi’ah Machtumah Malayati
  • Ainun Fitri Mughiroh
  • Sayidah Afyatul Masruroh

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.png.v2i2.50592

Keywords:

Jurnalistik, Membaca, Menulis, Literasi, Media

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong terjadinya konvergensi media, yang menuntut para pelaku komunikasi, termasuk mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), untuk memiliki kemampuan literasi media yang adaptif dan multidimensional. Namun, pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi ekosistem media konvergensi masih terbatas, baik dari segi teori maupun praktik. Sehingga atas hal itu, tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan literasi konvergensi media mahasiswa melalui praktik lapangan langsung di media profesional, dalam hal ini Media Jawa Pos. Metode yang digunakan meliputi pembelajaran teori jurnalistik dasar, praktik penulisan berita softnews, menganalisis berita media cetak dan online, observasi langsung proses kerja redaksi di media cetak, praktik kelanjutan (penajaman) penulisan di multiplatform, serta pendampingan reflektif terhadap pengalaman belajar. Adapun kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman mahasiswa terkait: 1) konsep konvergensi media, 2) kemampuan menulis berita untuk berbagai platform (cetak dan digital), 3) melek literasi informasi di berbagai platform media, serta 4) tumbuhnya kesadaran kritis terhadap dinamika industri media. Kegiatan ini dapat menjadi model pembelajaran berbasis praktik yang berkelanjutan antara perguruan tinggi dan industri media, sehingga menyeimbangkan antara penguasaan teori dan praktik mahasiswa di dunia media dan menguasai konvergensi media khususnya.

 

 

References

Asep Hidayat, R. F. (2024). Program Literasi Digital dan Etika Media Sosial Bagi Pelajar. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 63-70.

Diskominfo. (2018). Pengertian Literasi Media. Diambil kembali dari diskominfo.badungkab.go.id: https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/17916-pengertian-literasi-media

Gumelar, R. G. (2013). Konvergensi Media Online. Jurnal Komunikasi, 7-14.

Hasfi, A. T. (2020). Konvergensi Media Surat Kabar Harian Lokal Jateng Pos. Jurnal Unpad: Kajian Jurnalisme, 137-152.

Iskandar Zulkarnain, F. I. (2021). Media Konvensional Vs New Media: Studi Komparatif Surat Kabar Dan Media Online dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 53-63.

Kamaruddin Hasan, A. U. (2023). Komunikasi di Era Digital: Analisis Media Konvensional vs New Media Pada Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Angkatan 2021. jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 56-63.

Muh. Ichsan, S. S. (2024). Analisis Konvergensi Media: Studi Transformasi dari Media Analog ke Media Digital. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, -.

Muqsith, M. A. (2021). Teknologi Media Baru: Perubahan Analog Menuju Digital. ADALAH: Buletin Hukum dan Keadilan, 33-40.

Puspitaningrum, D. (2022). Konvergensi Media Dan Memori Kolektif Masyarakat Indonesia . Jurnal Inovasi Penelitian, 3675-3686.

Safutra, I. (2022, Juni Jumat). Jawa Pos: Surabaya Raya. Diambil kembali dari Jawapos.com: https://www.jawapos.com/surabaya-raya/01392340/ukw-sebagai-bekal-bertarung-di-era-konvergensi-media?

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

munawara, Robi’ah Machtumah Malayati, Ainun Fitri Mughiroh, & Sayidah Afyatul Masruroh. (2025). Peningkatan Literasi Konvergensi Media bagi Mahasiswa melalui Praktik Lapangan di Jawa Pos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi, 2(2), 222–234. https://doi.org/10.32493/j.png.v2i2.50592