Pemanfaatan Sumber Modal Dalam Membuka Peluang Bisnis Untuk Pemenuhan Kebutuhan Keuangan Rumah Tangga
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10727Keywords:
Pandemi Covid-19, Akuntansi, Perekonomian IndonesiaAbstract
Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu ibu-ibu PKK yang mengalami penurunan perekonomian Indonesia yang akhir-akhir ini menyebabkan banyaknya usah kecil dan menengah harus menggulung tikar usahanya disebabkan adanya penurunan jumlah keuntungan yang di peroleh dari setiap periode pada beberapa bulan terakhir sejak bulan maret 2020. Oleh karena itu harus menjadi perhatian penting bagi beberapa pakar perekonomian Indonesia untuk mengatasi kendala apa yang dimiliki para pelaku usaha. Berdasarkan siklus tersebut yang telah dijabarkan, maka perlu adanya suatu upaya untuk memberikan solusi alternatif yang mampu meningkatkan kinerja keuangan bagi masyarakat yang memiliki usaha. Selain itu juga perlu diadakannya kegiatan yang dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang betapa pentingnya dan mudahnya pengelolaan keuangan dengan menggunakan akuntansi disaat keadaan pandemi seperti ini, baik itu secara manual ataupun menggunakan teknologi canggih lainnya dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu disertai penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat pelaku usaha agar dapat berguna bagi mereka dalam mengelola keuangan, supaya dapat bertahan dari keadaan ekonomi karena dampak dari pandemi seperti ini. Metode pelaksanaan yang dilakukan selama melakukan program ini melalui 2 tahapan. Pertma tahap pra pelaksanaan, meliputi survei untuk pemetaan masalah, survei kemitraan dan melakukan kerja sama dengan mitra (Ibu RT setempat). Kemudian di tahap pelaksanaannya yaitu penyuluhan dan pelatihan tata kelola manajemen keuangan kepada ibu PKK setempat. Setelah diadakan nya penyuluhan dan pelatihan masyarakat umumnya ibu-ibu PKK dapat mengaplikasikan metode pengelola keuangan pada kehidupan sehari-hari .
References
Budisantoso, I., & Gunanto. (2010). Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga. Jakarta: PT Gramedia
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta ; Balai Pustaka
Dewi, I. K., & Solihin, D. (2020). Pengaruh Current Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi 2 (2), 183-191.
Dumilah, R., Sunarto, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi. DEDIKASI PKM, 1(1), 26–33.
http://avrist.com/lifeguide/2020/07/24/bagaimana-memulai-bisnis-di-tengah-pandemi-dengan-modal-minim.
Setiawan, Zulkieflimansyah. (2007). Manajemen Strategi. Jakarta:FE UI.
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. ABDI LAKSANA, 1(3), 351–355.
Solihin, D., Prasetiyani, D., Sari, A. R., Sugiarti, E., & Sunardi, D. (2020). Pemanfaatan Botol Bekas Sebagai Penyaring Air Bersih Sederhana Bagi Warga Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 1(3), 98–102.
Solihin, D. (2020), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah JABODETABEK), Jurnal Semarak. 3(1).
Solihin, D. (2020), Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi 4(1).
Solihin, D., dan Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 3(3).
Solihin, D. (2019), Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Kalbe Farma, Tbk. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. 7 (1), 115-122.