Penerapan Strategi Pemasaran Produk Hasil Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Masyarakat Desa Cicalengka Rt 002 Rw 002 Kecamatan Pagedangan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10732Keywords:
Strategi Pemasaran Produk, Pemanfaatan LimbahAbstract
Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu masyarakat dalam memasarkan produk hasil pemanfataan limbah rumah tangga di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan melalui penerapan strategi pemasaran produk. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama kepala Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat. Setelah materi selesai dipaparkan, dilanjutkan dengan diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Diskusi dilakukan agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan. Melalui diskusi, sosialisasi tidak hanya sekedar transfer knowledge saja melainkan dapat sharing pengalaman maupun permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai berikut: Pengetahuan peserta dalam hal ini warga di Desa Cicalengka RT 002/RW 002 Kecamatan Pagedangan mengenai startegi pemasaran poduk sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai strategi pemasaran setelah disampaikan semakin meningkat.References
Dosenpendidikan.co.id. (2021). Pengertian Strategi Menurut Para Ahli di https://www.dosenpendidikan.co.id/strategi-adalah/ (di akses 3 Maret).
Kotler. P., & Amstrong. G. (2016), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Kotler. P., & Keller. K. L. (2016), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
M. Prawiro. 2018. Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya di https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html (di akses 3 Maret).
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama
Wikipedia.org. 2020. Strategi Pemasaran di https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran (di akses 3 Maret)