Penerapan Pencatatan Akuntansi Untuk Usaha Pemula Dan Mikro

Authors

  • Jaenal Abidin Universitas Pamulang
  • budi Tri Santoso Universitas Pamulang
  • AR Fachrizal Chaery Universitas Pamulang
  • Achmad Luthfi Prawirayudha Universitas Pamulang
  • Jarno Jarno Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.11057

Keywords:

Akuntansi, Usaha Mikro, Usaha Pemula, Pandemi Covid-19, Pengabidan Kepadan Masyarakat

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pencatatan pembukuan usaha mikro yang dijalankan oleh peserta PKM agar lebih akuntabel dan transparan sesuai kaidah akuntansi. Membantu memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang ilmu akuntansi sederhana kepada usaha mikro agar terwujudnya sistem pencatatan keuangan yang terorganisir secara rapi dan sistematis serta ikut berperan membantu dan membina para usaha mikro dengan memberikan pelatihan dasar-dasar akuntansi sederhana untuk bisnis pemula. Pelaksanaan kegiatan dengan metode memberikan pemaparan yang disertai dengan diskusi interaktif secara langsung antara kelompok dosen pelaksana PKM dan peserta. Hasil kegiatan PKM ini yaitu pelaksanaan PKM memberikan wawasan baru bagi peserta dalam proses pencatatan akuntansi oleh para pelaku usaha untuk menghasilkan laporan keuangan yang baik dan benar, hal ini diharapkan secara nyata berkaitan langsung dengan proses pengambilan keputusan mereka dalam merintis usaha baru, ataupun pengembangan usaha yang sudah berjalan.

References

Ghozali, I., & Chariri, A. (2014). Teori Akuntansi International Financial Reporting System (IFRS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, A. (2015). Auditing Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit STIM YKPN.

Hery. (2015). Akuntansi Untuk SMK/MAK & SMA/MA (Buku Penunjang/Pengayaan Materi). Penerbit PT Grasindo. Jakarta.

IAI. (2009). Standar Akuntansi Keuangan per 1 Juli 2009. Jakarta : Salemba Empat

Kieso, D. E. (2009). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Riyanto., & Puji, A. (2015). Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akural. Penerbit PUATAKA PELAJAR. Yogyakarta.

SMERU. (2003). Upaya Peningkatan Usaha Mikro dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perempuan (Sukabumi, Bantul, Kebumen, Padang, Surabaya dan Makassar). Kerjasama Lembaga Penelitian SMERU dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Jakarta.

Warren, C.S., James, R.M., Jonathan E.D, Wahyuni, E.T., & Jusuf, A.A. (2017). Accounting-Indonesia Adaptation atau Pengantar Akuntansi 1 – Adaptasi Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/03/01/1797/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-bulan-januari-2021-mencapai-141-26-ribu-kunjungan.html

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Abidin, J., Santoso, budi T., Chaery, A. F., Prawirayudha, A. L., & Jarno, J. (2021). Penerapan Pencatatan Akuntansi Untuk Usaha Pemula Dan Mikro. DEDIKASI PKM, 2(3), 371–375. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.11057