Meningkatkan Motivasi Akademis Selama Pandemi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Febi Iain Kediri
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.12627Keywords:
Motivasi, Mahasiswa, Covid 19Abstract
Mahasiswa adalah agen perubahan. Sebagai calon penerus perubahan dan kemajuan negara, mempersiapkan pendidkan dengan sebaik-baiknya adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi bertujuan untuk menumbuhkan semangat atau motivasi mahasiswa untuk belajar meski pada saat pandemi. Sebagai perguruan tinggi, memberikan kontribusi pada perkembangan dan keilmuan merupakan keharusan. Maka pengabdian ini sebagai salah satu bentuk pengadian itu. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikanseminar motivasi yang dilakukan secara online atau daring. Metode ini dinilai paling efektif di tengah pandemi yang entah sampai kapan berakhirnya. Pesertanya adalah para mahasiswa baru yang diterima kuliah pada saat pandemi berlangsung. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menghasilkan bertambahnya motivasi mahasiswa untuk terus belajar meski pada saat pandemi. Mahasiswa meiliki cara ndang baru tentang pentingnya meningkatkan motivasi diri untuk menjadi lebih baik dan bertanggug jawab. Melalui seminar motivasi ini harapannnya para mahasiswa motivasinya menjadi meningkatReferences
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. De Banten-Bode Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi , Vol. 1 No. 1.
Denni. (2020). Motivasi Terhadap Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Mahasiswa STMB Multi Smart Medan. SMART Volume IV No.2, Desember 2020 Hal : 107 - 117, 107 - 117.
George Ritzer, D. G. (2008). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.
Hadi, S. (1993). Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Andi.
Jagad Aditya Dewantara, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, Vol 5 No 1 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.
Sardiman, A. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo .
Sri Anita W, D. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syamsul Rizal, A. V. (2016). Dari Talcott Parson Untuk Menjadi Mahasiswa Idealdi Perguruan Tinggi Iain Zawiyah Cot Kala Langsa. Jurnal At-Tafkir, Vol. IX No. 1 .
Wirabum, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. ACIET: Annual Conference on Islamic Education and Thought Vol. I, No. I, 108-110.