Meningkatkan Motivasi Belajar Secara Online Selama Masa Pandemi Covid 19 Pada Santri Tpq Majlis Ta’lim Musollah Al Barokah Limo Depok

Authors

  • Abdullah Abdullah Universitas Pamulang
  • Neneng Khoiriah Universitas Pamulang
  • Dewi Ningsih Universitas Pamulang
  • Sari Karmiyati Universitas Pamulang
  • Devi Fitria Wilandari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14599

Keywords:

Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen program studi Manajemen S1 Universitas Pamulang (Unpam) tahun 2021, merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menitik beratkan pada memotivasi santri – santri agar semangat dalam pembelajaran secara daring. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap pertama berupa pemaparan mengenai materi motivasi belajar secara daring dan tahap kedua berupa diskusi, tanya jawab serta sharing dengan santri – santri tentang kendala pembelajaran secara daring dengan hasil kegiatan yang  telah dilakukan tersebut, diperoleh hasil bahwa sebanyak 69% para santri TPQ belajar secara daring dengan, sedangkan sebanyak 31% santri TPQ masih memiliki kendala belajar secara daring, baik dari segi pemahaman maupun pendukung seperti media (gadget dan pulsa/wifi). Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para santri memiliki semangat untuk tetap belajar walaupun secara daring.

References

Abuddin Nata. (2001). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Anton M. Moeliono. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Balai Pustaka.

Arikunto, S. (1990). Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Kangasa.

Arikunto, S. (20020. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

As Ad Aly. (2007). Terjemah Ta’limul Muta’alim. Yogyakarta: Menara Kudus.

Enung K. Rukiati, Fenti Hikmawati. (2006). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Bandung: Pustaka Setia.

Dhofier, Zamakhsyari. (1994). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Dimyati Dan Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta.

Fathurrohman, Pupuh Dan Sutikno, M. Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Faisal S. (1995). Format-Format Penelitian Sosial, Dasar-Dasar Dan Aplikasi. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grofido Persada.

Ghofur Abdul. (2009). Model Pengembangan Pendidikan Pesantren Bagi Anak Pengungsi. Malang: Aditya Media.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim dan Syaodih S. Nana. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Marzuki. (2000). Metodologi Riset. Yogyakarta: BP + E –UII.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nor Aly Herry Dan Suparta. (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Downloads

Published

2021-11-13

How to Cite

Abdullah, A., Khoiriah, N., Ningsih, D., Karmiyati, S., & Wilandari, D. F. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Secara Online Selama Masa Pandemi Covid 19 Pada Santri Tpq Majlis Ta’lim Musollah Al Barokah Limo Depok. DEDIKASI PKM, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14599