Pengembangan Skill Public Speaking bagi Warga Kampung Ekowisata Keranggan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14600Keywords:
Keterampilan Komunikasi, Publik SpeakingAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah memberikan bekal keterampilan Public Speaking kepada warga Kampung Ekowisata Keranggan dalam bentuk penyuluhan, Public Speaking merupakan bagian dari keterampilan berbahasa, khususnya berbicara. Sebagai sebuah keterampilan, tidak akan pernah datang begitu saja kepada pelakunya, akan tetapi, butuh sebuah proses. Dengan kata lain, keterampilan berbicara di depan umum ini akan semakin lancar dan sukses manakala yang bersangkutan selalu berlatih dan berlatih untuk mengasahnya. Dengan pelatihan public speaking. Hasil kegiatan ini menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini seluruh anggota masih kurang menguasai materi tentang Publik Speaking namun setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini seluruh warga dari desa Keranggan ini memiliki kemampuan tentang bagaimana cara mengemas komunikasi yang baik. Sehingga terampil ketika mereka diharuskan tampil berbicara didepan para wisatawan. Karena sebagai salah satu komponen penting yang berada di kampung ekowisata yang berada di Tangerang ini setiap warga wajib memiliki citra positif dimata para wisatawan. Selain itu pula public speaking juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi-potensi wisata yang selama ini belum diketahui khalayak ramai. Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan melalui pembekalan materi Publik Speaking kepada warga Kampung Ekowisata Keranggan kemudian berdiskusi bersama terkait permasalahan yang ada sehingga dapat memberikan solusi yang tepat.
References
Nurgiyantoro, B. (2010), Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: BPFE.
Arsjad, Maidar G Dan Mukti US. (1988), Pembinaan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlanga.
Kridalaksana, Hari Murti. (2000), Kamus Linguistik. Jakarta: Gamedia.
Sirait, Bonar Charles. (2008), The Power Of Public Speaking: Kiat Sukses Berbicara Di Depan Publik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Tarigan, Henry Guntur. (1998). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.