Tata Kelola Organisasi dalam Organisasi Sosial-Kemasyarakatan

Authors

  • Yusni Nuryani Universitas Pamulang
  • Nopi Oktavianti Universitas Pamulang
  • Nariah Nariah Universitas Pamulang
  • Desi Prasetiyani Universitas Pamulang
  • Aprilia Astuti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14605

Keywords:

Tata Kelola Organisasi Sosial, Ekonomi Kreatif

Abstract

Tujuan dari kegiatan  Pengabdian  Masyarakat  ini  adalah  memberikan  bekal  terkait tata  kelola didalam organisasi social  kemasyarakatan  kepada warga Sukamanah Residence agar  para warga dan pengurus ekonomi kreatif  lebih sadar akan pentingnya manajemen pengelolaan khususnya dibidang usaha dan  kewirausahaan yang saat ini sedang mereka jalani. Dari hasil survey dan wawancara dengan warga setempat yang diwakili oleh Rukun Warga, bahwa permasalahan yang ada sekarang ini dan masih berlanjut salah satunya yaitu masih kurangnya permodalan usaha warga dalam Program Ekonomi Kreatif, dimana usaha berfokus pada pembenihan perikanan emang Lele, serta bagaimana kiat manajemen wirausaha dalam pengelolaan usaha ekonomi kreatif tersebut. Solusi yang diberikan terhadap Permasalahan Mitra yakni Warga Sukamanah Residence, yakni memberikan bantuan berupa pemberian penyuluhan bertemakiat-kiat manajemen usaha tergolong baru, melalui disiplin ilmu kewirausahaan, manajemen keuangan sederhana serta hingga tata kelola organisasi sosial kemasyarakatan. Selain itu, kegiatan ini membantu mereka untuk melakukan kegiatan kemitraan melalui permodalan usaha kreatif pengembangan pembenihan perikanan emang lele. Target dalam kegiatan ini adalah untuk membantu warga Sukamanah Residence emningkatkan kegiatan eonomi kreatif didaerahnya, sehingga mereka bisa meningkatkan penghasilan dan mencukupi kebutuhannya dalam mengembangkan usaha dan bermitra.

References

AM Irfanudin., E Kurniawati., J Jamaluddin., R Andalusi., & N Noryani (2020).Strategi Berbisnis Online Ditengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Dedikasi PKM, 1(2), 63-68.

Oktavianti, N. Strategi Mendorong Sdm Tetap Unggul Di Masa Pandemi. Di Tengah Gelombang, 35.

Oktavianti, N. Menumbuh Kembangkan Mindset Dan Skill Kewirausahaan Bagi Kawula Muda. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 49.

Safiih, A. R., Rukmana, I. J., Nelsi, M., & Oktavianti, N. (2021, January). The Effect Of Work Discipline On Employee Performanceat Mc Donald's Branch Pondok Gede. In Proceeding The First International Conference On Government Education Management And Tourism (Vol. 1, No. 1, Pp. 38-42).

Safiih, A. R., Rukmana, I. J., Nelsi, M., & Oktavianti, N. (2021, January). The Effect Of Work Discipline On Employee Performanceat Mc Donald's Branch Pondok Gede. In Proceeding The First International Conference On Government Education Management And Tourism (Vol. 1, No. 1, Pp. 38-42).

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Wulansari, R., Andriani, J., Maswarni, M., Sabina, F., & Oktavianti, N. (2021). Pelatihan Decoupage Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Meningkatkan Pendapatan Warga Benda Baru Pamulang Di Masa Pandemi. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 80-90.

Downloads

Published

2021-11-13

How to Cite

Nuryani, Y., Oktavianti, N., Nariah, N., Prasetiyani, D., & Astuti, A. (2021). Tata Kelola Organisasi dalam Organisasi Sosial-Kemasyarakatan. DEDIKASI PKM, 3(1), 35–39. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14605