Pemberdayaan Unit Kegiatan Masyarakat (Ukm) Melalui Pengembangan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Riza Adi Wicaksono Universitas Pamulang
  • Umega Kusuma Wati Universitas Pamulang
  • Irine Kusumatantya Universitas Pamulang
  • Sapta Juliastuti Dewi Universitas Pamulang
  • Afifah Arzana Vawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14606

Keywords:

Manajemen, Digital Marketing, Pemasaran, Media Sosial, E-Commerce, Kesejahteraan Masyarakat

Abstract

Pengabdian ini berjudul “Pemberdayaan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) Melalui  Pengembangan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing di Tengah Pandemi COVID-19†yang berlokasi di Kampung Cisauk RT.07/RW.04, Desa Situ Gadung, Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam membantu UKM di Kampung Cisauk, Desa Situ Gadung dalam meningkatkan usahanya dan sekaligus membuka peluang pasar baru dengan strategi digital marketing.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai strategi digital marketing melalui serangkaian kegiatan identifikasi, pengkajian serta proses belajar yang terencana untuk membantu perekonomian di desa tersebut terutama di masa pandemi COVID-19. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa dilakukan pendampingan dalam mengembangkan digital marketing dengan membuat akun media sosial dan akun toko online kepada masyarakat dan mengajarkan bagaimana menggunakannya sebagai sarana pemasaran dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kampung Cisauk RT.07/RW.04, Desa Situ Gadung.

References

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Chaffey, D. (2010). E-business and e-commerce management (4rd ed.). England: Edinburgh Gate

Heidrick and Struggles. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga

Turban, Efraim, et al. 2004. Electronic Commerce a Managerial Perspective. New Jersey : Pearson Education International.

Fandy Tjiptono, 1996, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sukirno, S. (2002). Teori Mkro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.Kemp, s (16 Februari 2017) http://wearesocial.com/blog/2017/02/digitalsoutheast-asia-2017, diakses tanggal 30 April 2020, pukul 16.00 WIB

https://www.wartaekonomi.co.id/read280988/di-tengah-covid-19-pemasaran-online-dan-digital-branding-jadi-pilihan

Downloads

Published

2021-11-13

How to Cite

Wicaksono, R. A., Wati, U. K., Kusumatantya, I., Dewi, S. J., & Vawan, A. A. (2021). Pemberdayaan Unit Kegiatan Masyarakat (Ukm) Melalui Pengembangan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Di Tengah Pandemi Covid-19. DEDIKASI PKM, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14606