Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Kunci Ukm Dapat Berkembang Di Masa Pandemic Covid-19 Di Ukm Situ Gadung Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14609Keywords:
Penerapan, Manajemen Keuanggan, UKMAbstract
Pengabdian ini berjudul Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Kunci UKM Bisa Berkembang di Masa Pandemic COVID-19 Untuk meningkatkan kemapuan manajemen keuangan pelaku UMKM. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen keuangan dalam rangka meningkatkan kemampuan pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha dimasa COVID-19 dan dimasa yang akan datang. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung dan diskusi mengenai manajemen pemasaran, peraturan-peraturan yang menyangkut teknik-teknik dan penerapan manajemen keuangan yang baik. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam melewati masa pandemic Covid 19 dengan memaksimalkan penerapan manajemen keuangan yang baik dalam aktifitas sehari-hari terutama bagi pelaku UKM.
References
Abdullah. (2014). ManajemenSumberDayaManusia,PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Afandi, Pandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator. Zanafa Publishing Pekanbaru. Nusa Media Yogyakarta.
Agus, Sartono. 2015. ManajemenKeuangan:Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Ariadin, M., & Teti Anggita S., (2021). Perilaku Manajemen Keuangan Pada UMKM Sentra Kerajinan Kayu di Kabupaten Dompu. Jurnal Among Makasti Vol-14 No.1-Tahun 2021
Dinas Koperasi dan UKM | Statistik Provinsi Banten (bantenprov.go.id)
Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Risiko, Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta
Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan.Bandung: Alfabeta.
Firnandi, T. (2018). Analisa pengaruh kinerja keuangan perusahaan jasa konstruksi dan return sahamnya. 1600006666.
Husnan, Suad & Enny Pudjiastuti (2015) Dasar – Dasar Manajemen Keuangan, Yogyakarta: UPP STIM YKP
Kamsir, 2014. Anlisis Laporan Keuangan, cetakan ke 7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Manajemen Keuangan, Kunci UMKM Bisa Berkembang di Era Corona: Okezone Economy
Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Surabaya : ANDI
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847.
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7.
Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan: Teori Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.
https://jdih.bumn.go.id/lihat/UU%20Nomor%2020%20Tahun%202008 Akses 28 Agustus 2021
https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam perekonomian-indonesia Akses 28 Agustus 2021