Strategi Pemilihan Saluran Distribusi yang Tepat Atas Hasil Produksi Pertanian Di Desa Cicalengka, Tangerang-Banten

Authors

  • Ade Rachmawan Universitas Pamulang
  • Enny Savitri Universitas Pamulang
  • Achmad Ludvy Universitas Pamulang
  • Wawan Supriyatna Universitas Pamulang
  • Zakaria Zakaria Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.15364

Keywords:

Saluran Distribusi, Pertanian, Wirausaha

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal dalam pelaksanaan ini materi penyuluhan adalah memberikan pemahaman mengenai strategi pemilihan saluran distribusi. Dimana terdapat beberapa macam faktor yang sangat berpengaruh dalam pemilihan saluran distribusi diantaranya pertimbangan pasar, pertimbangan barang, pertimbangan perusahaan, serta pertimbangan perantara. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh yakni kegiatan yang dilaksanakan bagi masyarakat Desa Cicalengka adalah kegiatan memberikan pemahaman pentingnya menerapkan pemilihan saluran distribusi dalam kegiatan jual beli hasil produksi pertanian agar penjualan yang dilakukan oleh para petani langsung terjual kepada konsumen langsung oleh tangan pertama. Ilmu yang diperoleh pada pengabdian masyarakat ini harapannya semakin memberikan wawasan mengenai apa itu saluran distribusi serta manfaatnya bagi penjualan hasil produksi para petani di Desa Cicalengka, Kec. Pagedangan Kab. Tangerang – Banten.

References

Afifah, F. (2020). theAsianparent. Dipetik September 02, 2021, dari https://id.theasianparent.com/manfaat-ubi-ungu

Anonymous. (t.thn.). Dipetik September 02, 2021, dari 123dok: https://text-id.123dok.com/document/wye8vv5ry-definisi-es-krim-es-krim.html

Dewi, I.K. (2020). Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Buah Menjadi Pupuk Cair Organik Untuk Memenuhi Kebutuhan Petani Buah Palawija dan Sayuran Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Karang Dadap Kecamatan Kalibagor, Banyumas-Jawa Tengah. Journal of Society Engagement. 1(1): 65-76.

Dewi, I.K. (2020). Pemanfaatan Kain Perca sebagai Aksesoris Motif Hiasan pada Pakaian dan Tas Sebagai Bentuk Peluang Usaha. Jurnal Lokobmas Kreatif. 1(1): 1-6

Dewi, I.K. (2020). Pengelolaan Hasil Pertanian dalam Meningkatkan Harga Jual pada Petani di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kab. Tangerang-Banten. Jurnal Dedikasi PKM Unpam. 1(3): 109-113.

Dewi, I.K. (2021). Meningkatkan Penjualan Hasil Pertanian dengan Memanfaatkan Sosial Media di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. Jurnal Dedikasi PKM Unpam. 2(3): 366-370.

Hardoko, L. H. (2010). Pemanfaatan Ubi Jalar Ungu sebagai Pengganti Tepung Terigu dan Sumber Antioksidan pada Roti Tawar. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol XXI No. 1, 25-32.

Luckman Adi P, Y. P. (2014). Pembuatan Es Krim Ekstrak Ubi Jalar Ungu dengan Variasi Jumlah Penambahan Susu Full Cream dan Karagenan. Jurnal Berkala Ilmiah Pertanian, Vol. 1 No. 1, 1-5.

Nuryanti. (2021, Juli 14). Trinummews.com. Dipetik September 1, 2021, dari Indonesia Peringkat ke-15 Kasus Corona Dunia per 14 Juli 2021 dengan Total 2.670.046 Kasus Positif: https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/14/indonesia-peringkat-ke-15-kasus-corona-dunia-per-14-juli-2021-dengan-total-2670046-kasus-positif

Prastiwi, D. (2021, Agustus 31). Liputan6.com. Dipetik September 1, 2021, dari Update Covid-19 Selasa 31 Agustus 2021: Positif 4.089.801, Sembuh 3.760.497, Meninggal 133.023: https://www.liputan6.com/news/read/4645857/update-covid-19-selasa-31-agustus-2021-positif-4089801-sembuh-3760497-meninggal-133023

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7

Yuwono, S. S. (2015, November 23). Dipetik September 02, 2021, dari http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/11/es-krim/

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Rachmawan, A., Savitri, E., Ludvy, A., Supriyatna, W., & Zakaria, Z. (2022). Strategi Pemilihan Saluran Distribusi yang Tepat Atas Hasil Produksi Pertanian Di Desa Cicalengka, Tangerang-Banten. DEDIKASI PKM, 3(1), 116–120. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.15364