Pelatihan Pembuatan Ice Cream Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga Di Desa Cicalengka, Tangerang-Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.15365Keywords:
Pengolahan Ice Cream, Pertanian, WirausahaAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada pengabdian kepada masyarakat ini penyampaikan materi secara verbal dalam pelaksanaan ini materi dalam penyuluhan berisi tentang bagaimana cara untuk membuat ice cream sebagai peluang usaha bagi ibu rumah tangga di Desa Cicalengka, Tangerang-Banten. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh yakni kegiatan yang dilaksanakan bagi masyarakat Desa Cicalengka adalah kegiatan jual beli guna membantu masyarakat sekitar untuk memperolah pemasukan tambahan dalam mengatasi pembatasan aktivitas yang dilakukan pemerintah guna menganggulangi pandemi Covid-19. Kegiatan yang diberikan adalah bagaimana cara membuat ice cream dengan bahan baku ubi jalar, serta diberikan info juga mengenai bagaimana cara menjual hasil olahan tersebut (ice cream). Ilmu yang diperoleh pada pengabdian masyarakat ini harapannya semakin memberikan wawasan mengenai bagaimana cara membuat serta menjual produk yang telah dihasilkan yakni ice cream ubi jalar, hal ini bertujuan agar masyarakat sekitar masih memperolah tambahan pemasukan guna kebutuhan hidup sehari-hari para warga/masyarakat di Desa Cicalengka, Kec. Pagedangan Kab. Tangerang – Banten.
References
Afifah, F. (2020). theAsianparent. Dipetik September 02, 2021, dari https://id.theasianparent.com/manfaat-ubi-ungu
Anonymous. (t.thn.). Dipetik September 02, 2021, dari 123dok: https://text-id.123dok.com/document/wye8vv5ry-definisi-es-krim-es-krim.html
Dewi, I.K. 2020. Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Buah Menjadi Pupuk Cair Organik Untuk Memenuhi Kebutuhan Petani Buah Palawija dan Sayuran Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Karang Dadap Kecamatan Kalibagor, Banyumas-Jawa Tengah. Journal of Society Engagement. 1(1): 65-76.
Dewi, I.K. 2020. Pemanfaatan Kain Perca sebagai Aksesoris Motif Hiasan pada Pakaian dan Tas Sebagai Bentuk Peluang Usaha. Jurnal Lokobmas Kreatif. 1(1): 1-6
Dewi, I.K. 2020. Pengelolaan Hasil Pertanian dalam Meningkatkan Harga Jual pada Petani di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kab. Tangerang-Banten. Jurnal Dedikasi PKM Unpam. 1(3): 109-113.
Dewi, I.K. 2021. Meningkatkan Penjualan Hasil Pertanian dengan Memanfaatkan Sosial Media di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. Jurnal Dedikasi PKM Unpam. 2(3): 366-370.
Hardoko, L. H. (2010). Pemanfaatan Ubi Jalar Ungu sebagai Pengganti Tepung Terigu dan Sumber Antioksidan pada Roti Tawar. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Vol XXI No. 1, 25-32.
Luckman Adi P, Y. P. (2014). Pembuatan Es Krim Ekstrak Ubi Jalar Ungu dengan Variasi Jumlah Penambahan Susu Full Cream dan Karagenan. Jurnal Berkala Ilmiah Pertanian, Vol. 1 No. 1, 1-5.
Nuryanti. (2021, Juli 14). Trinummews.com. Dipetik September 1, 2021, dari Indonesia Peringkat ke-15 Kasus Corona Dunia per 14 Juli 2021 dengan Total 2.670.046 Kasus Positif: https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/14/indonesia-peringkat-ke-15-kasus-corona-dunia-per-14-juli-2021-dengan-total-2670046-kasus-positif
Prastiwi, D. (2021, Agustus 31). Liputan6.com. Dipetik September 1, 2021, dari Update Covid-19 Selasa 31 Agustus 2021: Positif 4.089.801, Sembuh 3.760.497, Meninggal 133.023: https://www.liputan6.com/news/read/4645857/update-covid-19-selasa-31-agustus-2021-positif-4089801-sembuh-3760497-meninggal-133023
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.
Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.
Solihin, D., Ahyani, A., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262-270. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Subarto, S., Solihin, D., & Qurbani, D. (2021). Determinants of Job Satisfaction and Its Implications for the Lecturers Performance. Jurnal Pendidikan Ekonomi& Bisnis, 9(2), 163-178. https://doi.org/10.21009/JPEB.009.2.7
Yuwono, S. S. (2015, November 23). Dipetik September 02, 2021, dari http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/11/es-krim/