Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Pada Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan

Authors

  • Jubaidi Jubaidi Universitas Pamulang
  • Dyah Novianty Universitas Pamulang
  • Dodhi Wahyu Sugara Universitas Pamulang
  • Rahmansyah Putra Herwanda Universitas Pamulang
  • Khoirul Nasron Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20165

Keywords:

Pelatihan, UMKM, Digital Marketing.

Abstract

Pandemi covid-19 telah memukul sektor perekonomian salah satunya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mereka harus memikirkan bagaimana untuk bisa mempertahankan bisnisnya agar tetap survive. Tujuan diadakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan cara ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek, peserta yang hadir sebanyak 20 orang dengan menerapkan protokol kesehatan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para mitra dalam hal ini warga pondok benda mendapatkan pengetahuan yang baik, dimana yang awalnya para mitra belum faham tentang digital marketing setelah adanya PKM ini menjadi lebih faham dan berdampak signifikan terhadap perubahan pola pikir dan lebih cepat menyesuaikan diri terhadap perkembangan terknologi digital marketing, media sosial, e-commers, dan media lainnya yang sedang populer dan banyak diminati oleh masyarakat sekarang ini

References

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.

Femi Oktaviani, 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, Volume 3 No.1

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga. Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.

Mclead Pearson (2008:59),dalam Nitisemito 2010, Manajemen Pemasaran, Jakarta Ghalia Indonesia.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo. Sellitto, C. (2004). Internet adoption by Australian wineries: Perceived benefits and direct marketing practices. International Journal of Wine Marketing.

Siti Rozinah. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Tangerang Selatan. Jurnal JDM Volume 2.

Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix Of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s. Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614

Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Information System Electronic Library.

Sudaryana, Y (2011). Analisis Perencanaan Strategi Kinerja UKM dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing. Majalah Forum Ilmiah 16 (1), 72-80, Widya Persada 5 (STIE Widya Persada), 100.

Sudaryana, Y (2011). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Wirausahawan dan Kewirausahaan. Widya Persada 5 (STIE Widya Persada),100.

Sugiyanto, (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853

Sugiyanto, and Luh Nadi, . and I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563

Sukirno, Sadono (1998:26), Pengantar Teori Makro Ekonomi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998.

Trio Febriyantoro, Mohamad. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada era Masyarakat ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara Volume 1 No 2 Desember 2018.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Jubaidi, J., Novianty, D., Sugara, D. W., Herwanda, R. P., & Nasron, K. (2022). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Pada Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 138–148. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20165