Konsep Menanamkan Keyakinan diri dalam Membentuk Karakter yang Unggul Pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Ciseeng Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20167Keywords:
Keyakinan Diri, Karakter.Abstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pamulang. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi kepada pengembangan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Dan tujuan dasar dari kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dalam Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini adalah agar peserta didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Manar dapat menanamkan kepercayaan diri atau keyakinan diri dalam membentuk karakter yang unggul. Adapun metodologi pelaksanaan dalam pengabdian pada masyarakat ini dengan metode ceramah/presentasi, tanya jawab dan sharing session. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pentingnya menanamkan keyakinan atau percaya diri dalam peserta didik, karena tanya adanya keyakinan atau kepercayaan dalam diri maka peserta didik tidak akan bisa membuat konsep dalam membentuk karakter mereka, sedangkan karakter itu penting bagi pribadi mereka agar mereka bisa bersaing di dunia luar. Dan dengan pribadi karakter yang unggul peserta didik dapat menghadapi masa depan depan penuh keyakinan bahwa mereka mampu bersaing depan masa depan cemerlang.
References
Achmad Maulana dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Absolut.
Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Doni Koesuma A. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Cet. II
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
https://glints.com/id/lowongan/8-cara-membentuk-karakter/#.YUfuUbgzbIU