Eksistensi Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa Paskibra Patriot Garuda Kecamatan Parung
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20168Keywords:
Eksistensi Kegiatan Ekstrakurikuler, Kedisiplinan, Paskibra PatriotAbstract
Tujuan PKM ini untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra, faktor penunjang kegaiatn ekstrakurikuler Paskibra, kedisiplinan belajar siswa, dan eksistensi kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dalam membina kedisiplinan belajar siswa di Patriot Garuda Kecamatan Parung. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam beberapa rangkaian tahapan, yaitu; Pertama tahapan Merumuskan masalah, Kedua tahapan Perencanaan kegiatan, Ketiga tahapan Pemilihan teknik dan materi, Keempat tahapan pemilihan peserta, Kelima tahap Pelaksaan kegiatan, Keenam tahap membantu memecahkan masalah, dan Ketujuh adalah Penutu. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan secara berurutan. Hasil PKM ini menunujukkan kegiatan ekstrakuliler yang dilakukan sekolah adalah; 1. Kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dilaksanakan diluar jam pelajaran sehingga tidak menggangu proses pembelajaran di kelas dan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat, 2. Kegiatan yang dilakukan seperti Latsat, Latgab, Latsatgab, Sertijab, Pusdiklatsar, Segapaska, Harkom dan semua kegiatan yang dilakukan untuk melatih kedisiplinan, mempererat silaturrahmi dan meningkatkan mental siswa.
References
Anggota Capas Mataram Angkatan 24 Tahun 2004.Buku Saku BIMANDA Burhan Bugin. 2003.Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Buku Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Kota Mataram Angkatan ke 24 Tahun 2014.
Damayanti “Hubungan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar†dalam https://damayanti327.wordpress.com.
Devita sancorola “Disiplin Belajara Ditinjau Dari Faktor Internal Dan Eksternal†dalam http//;ppknunj.com.
Eka Prihatin.2014.Manajemen Peserta Didik, Baandung: Alfabeta.
Emzir.2010.Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: Raja Gerafindo Persada. Juhana Wijaya. 2000.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: Armico.
Liawati. (2020). Pengaruh Human Relations dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Matahari Departemen Store Cabang WTC Serpong Tangerang. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma). 3(3).
M. Arif “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Membangun Sikap Disiplin Siswa†dalam http//: repository.upi.edu
Maidasari, Sakinah “Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paskibra dalam Upaya Menumbuhkan Sikap
Nasionalismeâ€. dalam http://jurnal-online.um.ac.id/artikel Moleong.2012.Metododologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nia Dwi Ratnasari, Suharningsih, “Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dengan Kepemimpinan†dalam http:// ejurnal unnes.co.id.
Nurul Hidayati “PeranKegiatan Ekstrakurikuler Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa†dalam http//; Dounlod. Portal garuda.org/article.
Qurbani, D., & Solihin, D. (2021). Peningkatan Komitmen Organisasi melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kualitas Kehidupan Kerja. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(2), 223-232. doi:https://doi.org/10.26905/jbm.v8i2.5797
Riduwan.2004.BelajarMudah Penelitian untuk Guru dan Karyawan atau Pemula, Bandung: Alfabeta.
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Sugiyono. 2012.Memahami Penelitian Kualitatif .Bandung: Alfabeta Slameto.2003.Belajar Dan Faktor-Fakto yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta. Suryosubroto.2009. Proses belajar mengajar disekolah Jakarta: rineka cipta.
Supardi. 2011.Metodologi Penelitian.Mataram: Yayasan Cerdas Press.
Supardi. 2011. Bacaan Cerdas Menulis Skripsi, Yogyakarta: Karunia Kalam Semesta.