Pengelolaan Organisasi Usaha dan Penerapan Mindset Digital Business Pada Kelompok Umkm Dikelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan

Authors

  • Rendy Herlandy Universitas Pamulang
  • Risniawati Risniawati Universitas Pamulang
  • Fauzi Nur Iqyan Universitas Pamulang
  • Taufiq Rahmadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20172

Keywords:

Organisasi, UMKM, Digital Marketing.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dengan basic digital marketing berupa Pengelolaan Organisasi Usaha dan Penerapan Mindset Digital Business Pada Kelompok UMKM Di kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan cara diskusi, ceramah (penyampaian satu arah), presentasi dan di akhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Pelatihan ini melibatkan para mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Pamulang yang didampingi oleh dosen pendamping dari Prodi Manajemen dengan peserta para bapak dan ibu rumah tangga di daerah Pondok Benda dan sekitarnya dengan peserta pelatihan mencapai 24 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah penambahan pengetahuan peserta dalam bidang digital marketing khususnya dalam pengelolaan organisasi dan penerapan mindset digital dalam hal ini para pelaku UMKM Dikelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan mengenai Pengelolaan Organisasi Usaha Dan Penerapan Mindset Digital Business sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai Pengelolaan Organisasi Usaha Dan Penerapan Mindset Digital Business setelah disampaikan semakin meningkat.

References

Aditya Wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.

Femi Oktaviani, 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, Volume 3 No.1

Hariandjo (2007:113), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga. Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.

Mclead Pearson (2008:59), dalam Nitisemito 2010, Manajemen Pemasaran, Jakarta Ghalia Indonesia.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo. Sellitto, C. (2004). Internet adoption by Australian wineries: Perceived benefits and direct marketing practices. International Journal of Wine Marketing.

Siti Rozinah. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Tangerang Selatan. Jurnal JDM Volume 2.

Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s. Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3.

Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614

Sugiono (2015:93), Metode Penelitian dan Pengembangan, CV ALFABETA, Bandung, 2015.

Sugiyanto, (2020) Manajemen Pemasaran: Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853

Sugiyanto, and Luh Nadi, and I Ketut Wenten, (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563

Sukirno, Sadono (1998:26), Pengantar Teori Makroekonomi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998

Trio Febriyantoro, Mohamad. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada era Masyarakat ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara Volume 1 No 2 Desember 2018.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Herlandy, R., Risniawati, R., Iqyan, F. N., & Rahmadi, T. (2022). Pengelolaan Organisasi Usaha dan Penerapan Mindset Digital Business Pada Kelompok Umkm Dikelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 186–195. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20172