Pentingnya Integritas Guru dalam Menanamkan Jiwa Mandiri pada Siswa Di Yayasan Al-Iman Graha Bintaro Jaya

Authors

  • Mitri Nelsi Universitas Pamulang
  • Dede Andi Universitas Pamulang
  • Siska Yunanti Universitas Pamulang
  • Melda Wiguna Universitas Pamulang
  • Lina Noviana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20173

Keywords:

Integritas, Jiwa Mandiri.

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan akan Integritas dalam pendekatan kepada murid-murid serta perlu disadari dengan memberikan materi dan berbagi ilmu kepada murid-murid dengan jujur, tulus dan iklas selain pahala jariyah yang didapat akan menambah ilmu baru dengan kita berbagi kita akan merasa kurang dan ingin belajar kembali.Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang pentingnya integritas Guru dalam menanamkan jiwa mandiri pada Siswa di Yayasan Al-Iman Graha Bintaro Jaya. Setelah pelaksaan Pengabdian kepada Masayarakat ini memberikan gambaran dan semangt baru oleh guru-guru di Sekolah Yayasan Al-iman, menunjukan bahwa integritas Guru dalam Pendidikan memberikan dampak positif pada siswa, terutama dalam hal menanamkan jiwa mandiri pada Siswa, integritas guru dapat menanamkan jiwa kemandirian Siswa bukan hanya di lingkungan sekolah  tetapi juga diterapkan di dalam  kehidupan sehari-hari. Karena dimasa sekarang ini kita mmbutuhkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa kemandirian.

References

Danim, Sudarwan. (2011). Pengembangan Profesi guru. Jakarta: Kencana

Fathrurrohman, Pupuh. (2012). Guru Profesional. Bandung: Refika Aditama

Kurniasih Imas dan Sani Berlin. (2017). Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di sekolah. Jakarta: Kata Pena.

Nafia Wafiqni dan Latif Asep Ediana. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia MI/SD, Jakarta: UIN Press

Parker, J.P. (2007). The Caurage to Teach, Exploring the Inner Landscape of Teacher’s Life.

Rosida Postalina dan SupriatinTitin, Pengaruh Pembelajaran Aktif Dalam Meingkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 2 SMU, Jurnal Proyeksi, Vol. 6 (2) 2011, 89-102 93 ISSN : 1907-8455 h 92-93 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang,Saondi, Ondi. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama

Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105.

Suyono, dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran, Bandung: PT Fremaja Rosdakarya

Suhada, Idad. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparno, Paul. (2015). Integritas Pendidikan, Sekolah dan Guru: Ursila BSD

Suroso. (2002). In Memoriam Guru (membangkitkan ruh-ruh Pencerdasan). Yokyakarta:Jendela.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Indra Grafika: Yokyakarta.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Nelsi, M., Andi, D., Yunanti, S., Wiguna, M., & Noviana, L. (2022). Pentingnya Integritas Guru dalam Menanamkan Jiwa Mandiri pada Siswa Di Yayasan Al-Iman Graha Bintaro Jaya. DEDIKASI PKM, 3(2), 196–199. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20173