Efektifitas Pengembangan Usaha Kecil Menengah melalui Pendaftaran Merek Dagang Pada Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20184Keywords:
Pelatihan, UMKM, Merek Dagang.Abstract
Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan dari Kelurahan Pondok Benda kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten dengan memberikan edukasi dan sosialisasi pendaftaran merek dan manfaat merek dagang dalam pengembangan usaha. Target kegiatan ini salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan oleh Tim Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Universitas Pamulang, dalam pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pemberian ceramah dan sosialisasi mengenai pendaftaran merek dan manfaat merek dagang, penyuluhan pengembagan usaha dengan merek dagang dan membuat label, kemudian dilanjutkan dengan memberikan informasi dalam pendaftaran merek yang berpedoman pada buku panduan pendaftaran merek guna memudahkan pelaku UMKM binaan Kelurahan Pondok Benda dalam melakukan pendaftaran merek, selanjutnya dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab, tahap akhir melakukan praktek dengan simulasi akun pendaftaran merek. Melalui kegiatan pemberdayaan ini diharapkan dapat merubah pandangan dan pola pikir pelaku UMKM binaan Kelurahan Pondok Benda bahwa merek dagang merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan usaha dan dengan pendaftaran merek dagang menjadikan merek sebagai kepemilikan atas hak merek pada produk yang mereka hasilkan.References
Amanah, S. 2007. Makna Penyuluhan dan Tranformasi Perilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan. Retrieved from http://journal.ipb.ac.id/index.php/jupe/article/view/2152.
http://www.hki.co.id/hki.html.
https://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-fungsi-jenis-dan-ketentuan-label.html.
https://www.dgip.go.id/menu-utama/merek/syarat-prosedur.
Hariandjo (2007:113), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (12th ed.;J. Purba, ed.). Indeks
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga. Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.
Mclead Pearson (2008:59),dalam Nitisemito 2010, Manajemen Pemasaran, Jakarta Ghalia Indonesia.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99.
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Sugiono (2015:93), Metode Penelitian dan Pengembangan, CV ALFABETA, Bandung, 2015.
Sukirno, Sadono (1998:26), Pengantar Teori Makroekonomi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998
Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix Of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s. Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3.
Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.
Siti Rozinah. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Tangerang Selatan. Jurnal JDM Volume 2.
Sugiyanto, (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853
Sugiyanto, . and Luh Nadi, . and I Ketut Wenten, . (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016. Tentang Merek.
Undang-Undang No 15 Tahun 2001. Perlindungan Merek di Indonesia.
Y Sudaryana, Widya Persada 5 (STIE Widya Persada),100,2011, Pentingnya Pengembangan Kompetensi Wirausahawan dan Kewirausahaan
Y Sudaryana, Majalah Forum Ilmiah 16(1), 72-80), Widya Persada 5 (STIE Widya Persada),100,2011, Analisis Perencanaan Strategi Kinerja UKM dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing