Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pada Pelaku Umkm Di Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Zaenal Assikin Universitas Pamulang
  • Rizal Rizal Universitas Pamulang
  • Destriyana Pamungkas Tindiro Universitas Pamulang
  • Pambudi Elsa Wiguna Universitas Pamulang
  • Alfa Dera Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20186

Keywords:

Pelatihan, UMKM, Digital Marketing

Abstract

Pandemi covid-19 telah memukul sektor perekonomian dan bisnis tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41%, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemasar harus putar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi covid-19. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah peningkatan pemahaman peserta mengenai digital marketing dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan bertahan di tengah persaingan dan kondisi perekonomian dunia yang terdampak pandemi covid-19. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan presentasi langsung kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, yang dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi teori dan sesi implementasi. Hasil dari pengabdian ini yaitu dapat menambah ilmu bagi pelaku UMKM yang bermanfaat khususnya dalam penerapan/ implemetasi Konsep Digital Marketing

References

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.

Femi Oktaviani, 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Profesi Humas, Volume 3 No.1

Hariandjo (2007:113), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga. Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.

Mclead Pearson (2008:59),dalam Nitisemito 2010, Manajemen Pemasaran, Jakarta Ghalia Indonesia.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo. Sellitto, C. (2004). Internet adoption by Australian wineries: Perceived benefits and direct marketing practices. International Journal of Wine Marketing.

Siti Rozinah. 2019. Pemanfaatan Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Tangerang Selatan. Jurnal JDM Volume 2.

Smith, K. T. (2003). The Marketing Mix Of Imc: A Move From The 4 P’s To The 4c’s. Journal of Integrated Marketing Communicatons, 1–3.

Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library.

Sugiono (2015:93), Metode Penelitian dan Pengembangan, CV ALFABETA, Bandung, 2015.

Sugiyanto, (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Banten. ISBN 9786237815853.

Sugiyanto, . and Luh Nadi, . and I Ketut Wenten. (2020) Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM), Serang. ISBN 978-623-7815563.

Sukirno, Sadono (1998:26), Pengantar Teori Makroekonomi, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1998.

Trio Febriyantoro, Mohamad. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada era Masyarakat ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara Volume 1 No 2 Desember 2018.

Y Sudaryana, Majalah Forum Ilmiah 16(1), 72-80), Widya Persada 5 (STIE Widya Persada),100,2011, Analisis Perencanaan Strategi Kinerja UKM dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Assikin, Z., Rizal, R., Tindiro, D. P., Wiguna, P. E., & Dera, A. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pada Pelaku Umkm Di Kel. Pondok Benda Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(2), 210–2019. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20186