Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship dimasa Pandemic Pada PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pagedangan Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20194Keywords:
Enterpreneurship, Digital Marketing.Abstract
Memupuk jiwa enterpreneurship bagi pemuda sangat baik dilakukan agar memiliki pemahaman bahwa pekerjaan sebagai wirausaha itu adalah sebuah prospek yang bagus. Sehingga terbangunlah mental mental pengusaha bukan karyawan. Dengan tumbuhnya jiwa enterpreneurship, para pemuda akan mulai mencoba menjalankan wirausaha khususnya meneruskan usaha yang telah digeluti oleh PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pagedangan Tangerang-Banten. Penguasaan keterampilan berwirausaha melalui digital marketing menjadi target utama yang diharapkan dimiliki oleh para pemuda Ansor sehingga efektifitas dalam berwirausaha menjadi meningkat. Dengan penguasaan digital marketing dalam menjalankan usaha diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan. Tujuan kegiatan PKM adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan digital marketing dalam menjalankan usaha pada PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pagedangan Tangerang-Banten. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) adanya peningkatan ilmu pengetahuan serta wawasan tentang penggunaan digital marketing pada PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pagedangan Tangerang-Banten; (2) adanya semangat untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship setelah diberikan pengarahan serta pelatihan digital marketing.
References
Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah al-Rab'i al-Qazwaini. 1997. Sunan Ibnu Majah. Beirut: Darul Fikri.
Anoraga Pandji & Sudantoko Djoko. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chaffey, Dave & Ellis, Chadwick. 2016. Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo.
Meredith, et al. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek, alih bahasa oleh Andre Aspar sayogi. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Munarsih. 2019. Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.
Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-27.
Purwana, Dedi. Rahmi dan Sandi Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawitâ€, Vol. 1 nomor 1. Universitas Negeri Jakarta.
Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses.
Jakarta: Salemba Empat.
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Suryana Yuyus & Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Susanto Adi. 2002. Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Trim Bambang. 2008. Business Wisdom of Muhammad SAW : 40 Kedahsyatan Bisnis Ala Nabi SAW. Bandung : Madani Prima.
https://opop.jatimprov.go.id/detail/103/4-tips-berdagang-ala- rasulullahhttps://entrepreneurcamp.id/keusaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22- 27untungan-menjadi-wirausaha/