Sosialisasi Implementasi Sak Emkm pada UMKM yang tergabung di Gerai Lengkong

Authors

  • Ahmad Ridho Fachrizal Chaery Universitas Pamulang
  • Jaenal Abidin Universitas Pamulang
  • Jarno Jarno Universitas Pamulang
  • Budi Tri Santoso Universitas Pamulang
  • Ayumi Rahma Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20197

Keywords:

Akuntansi, UMKM, SAK EMKM.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bekerja sama dengan Gerai Lengkong. Tujuan PKM ini adalah untuk membekali para pelaku UMKM yang tergabung di Gerai Lengkong agar dapat menerapkan prinsip-prinsip akuntansi dalam kegiatan bisnisnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan usaha dan kesejahteraan pelaku UMKM. Gerai Lengkong merupakan pusat oleh-oleh produk UMKM Tangerang Selatan yang terletak di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Dengan adanya Gerai Lengkong, diharapkan UMKM dapat memiliki pangsa pasar yang lebih luas dan tidak hanya sekedar di daerah Tangsel saja. Gerai lengkong diharapkan dapat menjadi garis depan perjuangan UMKM. Pelaksanaan kegiatan dengan metode memberikan pemaparan yang disertai dengan diskusi interaktif secara langsung antara kelompok dosen pelaksana PKM dan peserta. Pemberian materi dilakukan diawal pertemuan selama pelaksanaan. Berdasarkan hasil pengamatan dan interview secara sampling terhadap peserta, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKM memberikan wawasan baru bagi peserta dalam implementasi SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangan sekaligus meningkatkan kedisplinan pelaku UMKM terhadap pencatatan akuntansi. Semua peserta antusias mengikuti acara hingga selesai dan merasakan manfaatpelatihan bagi kemajuan usaha mereka.

References

Abdurachman, T., Agustinus, E., Mulyani, N., & Rahma, A. (2021). Identifikasi Karakteristik Kewirausahaan Sebagai Landasan Pengembangan Potensi Diri. DEDIKASI PKM, 2(3), 361-365. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10966

Dumilah, R., Sunarto, A., Ahyani, A., Solihin, D., & Maulida, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Siswa. DEDIKASI PKM, 1(1), 26-33. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6045

Ghozali, Imam & Anis Chariri. (2014). Teori Akuntansi International Financial Reporting System (IFRS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Halim, Abdul. (2015). Auditing Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Penerbit STIM YKPN. Yogyakarta.

Hery. (2015). Akuntansi Untuk SMK/MAK & SMA/MA (buku penunjang/pengayaan materi. Penerbit PT Grasindo. Jakarta

IAI. 2009. Standar Akuntansi Keuangan per 1 Juli 2009. Jakarta : Salemba Empat

Kieso, Donald E. 2009. Akuntansi Intermediate. Penerbit Erlangga. Jakarta. Riyanto dan Agus, Puji. 2015. Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akural. Penerbit PUATAKA PELAJAR. Yogyakarta.

Warren, Carl S., James M. reeve dan Jonathan E. Duchac, Ersa Tri Wahyuni, dan Amir Abadi Jusuf. 2017. Accounting-Indonesia Adaptation atau Pengantar Akuntansi 1 – Adaptasi Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat

Solihin, D., Ahyani, Karolina, Pricilla, L., Octaviani, I.R. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada UMKM Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM. 2(3). 307-311.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Chaery, A. R. F., Abidin, J., Jarno, J., Santoso, B. T., & Rahma, A. (2022). Sosialisasi Implementasi Sak Emkm pada UMKM yang tergabung di Gerai Lengkong. DEDIKASI PKM, 3(2), 270–274. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20197