Sosialisasi Legalitas dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i3.23937Keywords:
Sosialisasi, Legalitas Usaha, Manajemen UsahaAbstract
Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan Sosialisasi Legalitas Dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan. Metode pelaksaan kegiatan terdiri dari tiga tahap. Pertama tahap persiapan meliputi pra survei, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim PKM dan tangsel berkibar. Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) dan diskusi. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi pelaku UMKM sebelum dan sesudah pelaksanaan program dengan metode wawancara dan observasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah Pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai fungsi merek dan legalitas merek. Pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai merek sebagai strategi pemasaran. Pelaku usaha memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Pelaku usaha memiliki Legalitas Halal. Pelaku usaha memiliki Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Serta Pelaku usaha mengalami peningkatan pemahaman mengenai mekanisme strategi pemasaran.
References
Abdurachman, T., Agustinus, E., Mulyani, N., & Rahma, A. (2021). Identifikasi Karakteristik Kewirausahaan Sebagai Landasan Pengembangan Potensi Diri. DEDIKASI PKM, 2(3), 361-365. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10966
Abdurachman, T., Mulyani, N., Agustinus, E., Hamdy, S., & Kadarmanta, R. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Dan Strategi Bisnis Skala UMKM Bagi Pemula. Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 1(2), 1-4. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jlkklkk.v1i2.p1-4.6352
Geoffrey, G. Meredith et. al. (1996) Kewirausahaan Teori dan Praktek. Jakarta: PT Pusaka Binaman Presindo.
Kotler, Philip (2016). Marketing Management, The Millenium Edition. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.
Mulyani, N., & Agustinus, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Arastirma, 1(2), 249-261. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12363
Mulyani, N., Agustinus, E., Abdurachman, T., & Prawirayudha, A. (2022). Pengelolaan Modal Usaha Untuk UMKM Tangsel Di Gerai Lengkong “Oleh-Oleh Khas Tangselâ€. DEDIKASI PKM, 3(2), 220-224. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20187
Mulyani, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di Bei Periode 2009- 2014. Jurnal Semarak. 3(2).
Mulyani, N., Agustinus, E., Abdurachman, T., & Prawirayudha, A. (2022). Pengelolaan Modal Usaha Untuk UMKM Tangsel Di Gerai Lengkong “Oleh-Oleh Khas Tangselâ€. DEDIKASI PKM, 3(2), 220-224. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20187
Mulyani, N., & Agustinus, E. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Non-Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2020. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma). 5(2).
Rangkuti, Freddy. The Power of Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004
Rudjito. (April 2003). Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.
Skinner. 1992. Pengantar Bisnis . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191