Strategi Mewujudkan Foodpreneurs pada Majlis Ta’lim An-Nisaa

Authors

  • Widya Intan Sari Universitas Pamulang
  • Rizka Wahyuni Amelia Universitas Pamulang
  • Lina Nofiana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i3.23973

Keywords:

Foodpreneur, Syariah berbisnis

Abstract

Setiap Cobaan yang diberikan Allah SWT selalu memiliki hikmah yang kadangkala manusia tidak mampu mencegahnya, seperti saat ini yang sedang dihadapi mendapatkan cobaan berupa virus Covid-19. Virus Covid-19 ini agar manusia kembali kepada ajaran-ajaran yang telah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW terutama dalam aktivitas bisnisnya. PkM (Pengabdian kepada masyarakat) ini bertujuan untuk meberikan kita-kiat atau strategi yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis usaha bidang Foodpreneur dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dalam Syariah berbisnis, Strategi yang tepat akan mengantarkan pelaku usaha dalam bertahan di masa Pandemi sektor bisnis harus mampu beradaptasi dengan kondisi dunia saat ini, sehingga perlu adanya strategi-strategi baru dalam manajemen bisnisnya. Metode yang dilakukan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah metode ceramah, mulai dari pemilihan materi, penyusunan, pemilihan huruf, pemberian efek dan animasi dan tampilan. Hasil yang diharapkan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah ibu-ibu Majlis Taklim An-nisaa kedepan bisa menjadi foodpreneur yang sukses dengan usaha yang sudah mereka jalani saat ini

References

Alma, 2013, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Suharsimi 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi, Rineka Cipta. Jakarta

Ariyanto, A., Sudarsono, A., Ivantan, I., Akbar, M. F., & Munarsih, M. (2020). Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Curug Angkrek melalui Media Sosial di Kp. Cimuncang, Desa Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 95-99.

Ariyanto, Aris 2019, The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate

Assauri, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Daryanto, 2011, Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.

Effendi M. Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.

Gaurav Bahl (2019) Co-Founder dari Koolchas dalam artikel berjudul ‘How to Be a Successful Foodpreneur?’

Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Hasan, 2009, Marketing, Media Pressindo, Yogyakarta.

Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Indonesia, M. P. R. (2020). Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2020 Tentang tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan yang Dilakukan pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan New Normal.

Jhon D. Millet, 2012, Management in the public service: The quest for effective performance. New York: McGraw-Hill.

Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa P-ISSN: 2528-0244 Vol. 06 No. 02 Oktober 2021 E-ISSN: 2745-7621.

Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Kurniali, S. (2009). Peran Media Sosial Di Internet Pada Penerapan Proses Knowledge Management. Skripsi. Program Studi Manajemen Sistem Informasi Bina Nusantara Jakarta; 8-9.

Legawa, Aby. 2008. Komponen Produk Pariwisata dengan Acuan Khusus. Jakarta: Gramedia Pustaka

Mahendrawaty, Nanih dan Agus Ahmad Syafe’i. 2001. Pengembangan Masyarakat Islam: dari ideology strategi sampai strategi. Bandung: PT.Rosdakarya

Mukhlis, Mukhamad Memasyarakatkan Shodaqoh melalui Pendidikan Agama Islam Studi Permasyarakatan Shodaqoh di PPPA Daarul Qur’an

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22-28.

Norvadewi. (2015). Bisnis Dalam Perspektif Islam. Al Tijary, 01(Desember), 33–46.

Rangkuty, 2009, Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.

Robbins dan Coulter, 2014, Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Rosvita, 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Rulli Nasrullah, 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung

Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam. Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing, Surabaya

Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.

Shinta Agustina, 2011, Perilaku Konsumen : Afeksi Konsumen, Lab, Manajemen Agribisnis/Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.

Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi Online Untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191

Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Supardi, 2013, Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, PT Prima Ufuk Semesta, Jakarta.

Supranto, 2012, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Sari, W. I., Amelia, R. W., & Nofiana, L. (2022). Strategi Mewujudkan Foodpreneurs pada Majlis Ta’lim An-Nisaa. DEDIKASI PKM, 3(3), 332–339. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i3.23973