Mengembangkan Metode Pembelajaran Untuk Mereduksi Kejenuhan Siswa Yayasan Pondok Pesantren Hudatul Falah Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27452Keywords:
Metode PembelajaranAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Untuk Mengembangkan Metode Pembelajaran Untuk Mereduksi Kejenuhan Siswa Yayasan Pondok Pesantren Hudatul Falah Kabupaten Bogor. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial. Peserta yaitu guru-guru Yayasan Pondok Pesantren Hudatul Falah. Metode pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan merumuskan masalah, merencakan kegiatan, memilih tehnik dan materi, menentukan peserta dan melakukan penyuluhan tentang pengembangan metode belajar. Khalayak sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu Guru-guru Yayasan Pondok Pesantren Hudatul Falah, sebanyak 25 peserta. Luaran kegiatan ini berupa jurnal terakreditasi yang nantinya bisa menjadi bahan referensi bagi berbagai pihak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami lakukan berdasarkan metode, yang diharapkan mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang terjadi pada Guru di Yayasan Pondok Pesantren Hudatul FalahReferences
Acep Yonny Dan Sri Rahayu Yunus. (2011). Begini Cara Menjadi Guru Inspiratif Dan Disenangi Siswa,.Pustaka Widyatama; Pustaka Widyatama.
Baharuddin., dan Wahyuni, Esa Nur. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: ArRuzz Media
Ban,Van den A W dan H.S Hawkins. 1999. Penyuluh pertanian. Kanisius. Yogyakarta. hal. 362
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dewi, R. P., & Yosef, H. (2017). Hubungan antara Academic Self-Confidence dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.
Faiz, A. (2021). Peran Filsafat Progresivisme Dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik Di Abad- 21. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 131–135
Hasan Basri, 2003, Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan Basri, 2003, Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, M. (2014). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Oemar, Hamalik. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Pratiwi, W. I. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaanpembelajaran Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar , Klaten , Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media. cet ke-8.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Setiana,L. 2005. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat.Yogyakarta : Penerbit ANDI. Hal. 137
Shahzad, A., Azeem, M., Nazir, M. S., Vo, X. V., Linh, N. T. M., Pastor, N. M. Z., Dhodary, S., Dakua, S., Umeair, S., Luo, F., Liu, J., Faisal, M., Ullah, H., Sudarmika, G., Sudirman, I., Juliantika, N., Dewi, M., Insiroh, L., Bhawa, I., … ABS., M. K. (2019). Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Dan SDIT Salsabila 3 Banguntapan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3), 1–21.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada