Optimasi Social Media Marketing Untuk Pengembangan Produk Lokal di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27455Keywords:
UMKM, Pelatihan, Social Media Marketing, PemasaranAbstract
Kehadiran media sosial menjadi trend dalam pemasaran di era digital sebagai bagian dari manajemen pemasaran dan dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, tidak terkecuali para pelaku UMKM pada Desa Ciampea Udik. Mereka perlu menggunakan platform media sosial untuk memasarkan produk karena daya jangkau target pasar yang lebih luas dan dapat meningkatkan penjualan produk. Guna mendukung para pelaku UMKM tersebut, maka diadakan kegiatan PKM dalam bentuk pelatihan dan praktek langsung oleh tim Dosen Prodi Manajemen S1 Universitas Pamulang. Hasil dari kegiatan ini telah memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan mengenai manajemen pemasaran, pemasaran digital dan pengelolaan UMKM di era digital dan praktek penggunaan market place, google business dan pemasaran media sosial oleh peserta. Namun demikian masih diperlukan peningkatan motivasi, penggalakkan penggunaan teknologi pemasaran digital dan kreativitas serta inovasi, agar pelaku UMKM mampu berperan serta pada proses pembangunan daerah yaitu sebagai penopang usaha guna meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat desa.
References
Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.
Bilgin Y. (2018), The Effect of Social Media Marketing Activities On Brand Awareness, Brand Image And Brand Loyalty. Business & Management: An International Journal, (2018), 6(1): 128-148
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.
Claudia, M., Anisah, H. U., & Prihatiningrum, R. Y. (2019). PKM peningkatan kemampuan “pemasaran online†bagi komunitas perempuan di rumah kreatif Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(April), 86–93.
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021. Date Accessed 2021-08-15.
Gary Armstrong, et al. Terbitan: (2014); Principles of Marketing Global Edition oleh: Philip Kotler. Terbitan: (2014)
Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies
Hasan, Ali. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.
Kim, A.J. and Ko, E. (2012) Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research, 65, 1480-1486.
Kotler dan Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kusumawardhani, R., Kurniawan, S. I., & Kartikasari, E. (2020). Mendesain Ulang Strategi Pemasaran Berbasis Media Pada Deriji Craft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 4–8.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet- indonesia-2021-tembus-202-juta. Date Accessed 2021-09-02.
Rizal, E., Khadijah, U. L. S., & Anwar, R. K. (2020). Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Kegiatan Wisata di Desa Cipacing Kabupaten Sumedang. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 32–36.
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Tsitsi, E. a. (2013). The Adoption of Social Media Marketing in South Africans Banks. European Business Review, 25:4, 366.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 327–337.