Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran dan Pengembangan Produk Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27460Keywords:
Packaging, Pemasaran, Pengembangan Produk, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan pengembangan produk bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tangerang Selatan di Kelurahan Sawah. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Berdasarkan hasil pengamatan dan interview secara sampling terhadap peserta, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKM memberikan wawasan tambahan bagi peserta mengenai kemasan untuk menunjang pertumbuhan usaha UMKM, selain itu, pelaku UMKM juga mendapatkan pengetahuan dasar tentang label sebagai informasi tentang produk yang dipasarkan. Dalam PKM ini juga menekankan pentingnya peyajian produk secara menarik. Hal ini diharapkan secara nyata dapat membantu mendapatkan perhatian yang lebih dari calon konsumen saat melihat kemasan produk yang ditawarkan.
References
Abdurachman, T., Agustinus, E., Mulyani, N., & Rahma, A. (2021). Identifikasi Karakteristik Kewirausahaan Sebagai Landasan Pengembangan Potensi Diri. DEDIKASI PKM, 2(3), 361-365. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10966
Agustini, Sulistia. (2020) Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Pengembangan UMKM Olahan Makanan dengan Harga Jual sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Binaan Inopak Institute di Kota Tasikmalaya). Jawa Barat, Universitas Siliwangi.
Agustinus, E., Sopiyana, M., & Mulyani, N. (2022). Sosialisasi Legalitas dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(3), 317-322. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i3.23937
Danang Sunyoto. (2014) Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus, Yogyakarta, Center of Academic Publishing Service.
Kasmir. (2011). Kewirausahaan - Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Klimchuk, Marianne Rosner; Sandra A. Krasovec (2006). Desain kemasan: perencanaan merek produk yang berhasil mulai dari konsep sampai penjualan, Jakarta, Erlangga
Mulyani, N., & Agustinus, E. (2021). Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas. Jurnal Arastirma, 2(1), 19-26. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16844
Mulyani, N., & Agustinus, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Arastirma, 1(2), 249-261. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v1i2.12363
Mulyani, N., Agustinus, E., Abdurachman, T., & Prawirayudha, A. (2022). Pengelolaan Modal Usaha untuk UMKM Tangsel di Gerai Lengkong “Oleh-Oleh Khas Tangselâ€. DEDIKASI PKM, 3(2), 220-224. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20187
Philip Kotler dan Gary Amstrong (2003). Dasar-dasar Pemasaran Terj. Alexander Sindoro Edisi Kesembilan Jilid I, Jakarta, PT Indeks.
Said, Abdul Azis (2018) Tentang Kemasan. In: Desain Kemasan. Badan Penerbit UNM Makassar, Makassar
Sarfilianty Anggiani. (2018) Kewirausahaan: Pola Pikir, Pengetahuan, dan Keterampilan Edisi Kedua, Jakarta, Prenadamedia Group
Skinner. 1992. Pengantar Bisnis . Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Solihin, D. (2022). Service Pemasaran. Banten: CV. AA RIZKY.
Solihin, D., & Ahyani, A. (2022). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Electronic Word Of Mouth (E-Wom) and Social Media on Purchase Intention. Majalah Ilmiah Bijak 19 (2), 193-205.
Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi online untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191
Yuyus Suryana dan Kartib Bayu. 2011. Kewirauasahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana