Meraih Kemandirian Finansial di Usia Muda Berlandaskan Al Quran dan Hadist Pada Dkm At Taqwa Serang
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27478Keywords:
Generasi Milenial, Kemandirian FinansialAbstract
Semakin maju teknologi memang membuat generasi muda menjadi cerdas secara kognitif namun lemah secara afektif. Gawai dan media sosial membuat banyak generasi-generasi penggunanya menjadi manusia yang manipulatif, seolah-olah tidak sesuai dengan kenyataannya. Majunya dunia digital dan meningkatnya pesaingan di semua lini sosial, maka generasi muda lah yang harus menjadi generasi unggul dalam berinovasi dan melakukan hal yang kreatif. Salah satu contoh kemajuan tehnologi juga merambah dunia keuangan. Sebagai generasi milenilal haruslah dapat menjadi contoh bagi generasi sebelumnya bahwa dengan kemudahan akses dunia keuangan,maka kemandirian finansial di usia muda suatu keniscayaan. Dari pemuda DKM inilah akan muncul generasi yang maju dan berwawasan tehnologi dan juga yang paling penting sesuai tuntunan Al Quran dan Hadist. Hal ini menjadi sangat relevan dengan kebutuhan pemimpin dari kalangan milenial.
References
Arsyianti, L. D., & Beik, I. S. (2018). Membangun Kemandirian Finansial Pribadi dan Umat. Mizan: Journal of Islamic Law, 1(2), 265–272. https://doi.org/10.32507/mizan.v1i2.126
Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153. www.freepik.com
Damanhuri, D. S. (2020). Kemandirian Ekonomi. Republika.Com, 14–23.
Effendy, A. A., Mas’adi, M., Wicaksono, W., Nurhadi, A., & Murtiyoko, H. (2020). Mewujudkan Generasi Muda Yang Unggul Di Era Globalisasi Dengan Berbekal Ilmu Wirausaha Yang Kreatif, Inovatif Dan Diferensiatif Pada Remaja Masjid Al Hikmah Reni Jaya Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 8. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6268
Jati, W., Triyadi, T., Sudarso, A. P., Maulana, S. R., & Yuangga, K. D. (2020). Memperkuat Motivasi Belajar dengan Penyusunan Rencana Karir SMK Sasmitajaya. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 86–89. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2128
Mas, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (n.d.). Instagram Customer Behavior Pattern Connectivity Based on Customer Path 5A Advocacy in Purchasing Decision Making. 7820–7828.
Sudarso, A. P. (2017). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Yayasan Pendidikan Mulia Buana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(1). https://doi.org/10.32493/jjsdm.v1i1.659
Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Yayasan Marvin. Inovasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.32493/inovasi.v5i1.y2018.p1-18
Wicaksono, W., Suyatin, S., Rachmawaty, R., Cahyadi, E., & Adie, P. G. K. (2021). Prinsip Dasar Berwirausaha dan Cara Peminjaman Modal Usaha dari Perbankan Untuk UMKM Pada Wirausaha Pelajar Indonesia Cabang Bogor. Jurnal Peradaban Masyarakat, 1(2), 33–38. https://doi.org/10.55182/jpm.v1i2.83