Strategi Pemasaran Melalui Peran Internet Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di Yayasan Raudhah Al Ghonthory
DOI:
https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27491Keywords:
Pemasaran, Internet, Pengembangan Usaha, UMKMAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan peran pemasaran melalui media sosial secara efektif pada anggota yayasan raudhah al ghonthory. Untuk mengetahui sejauh mana penerapan pemasaran via media sosial khususnya instagram dan facebook untuk para usaha mikro dan menengah. Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran via media sosial khususnya Instagram dan Facebook khususnya para anggota Yayasan Raudhah Al Ghonthory yang berwirausaha untuk menambah penghasilan dalam rumah tangga mereka. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan latihan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi peserta karena mereka belum cukup paham tentang pemasaran online, dengan adanya PKM ini mereka sedikit banyak paham mengenai pemasaran online sehingga lambat laun akan mencoba hal tersbut ubruk menambah perekonomian di Yayasan Raudhah Al Ghonthory.
References
Abdurachman, T., Agustinus, E., Mulyani, N., & Rahma, A. (2021). Identifikasi Karakteristik Kewirausahaan Sebagai Landasan Pengembangan Potensi Diri. DEDIKASI PKM, 2(3), 361-365.
Agustinus, E., Sopiyana, M., & Mulyani, N. (2022). Sosialisasi Legalitas dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(3), 317-322.
Febriyantoro, M.T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2).
Mulyani, N., & Agustinus, E. (2021). Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas. Jurnal Arastirma, 2(1), 19-26.
Mulyani, N., & Agustinus, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Arastirma, 1(2), 249-261.
Mulyani, N., Agustinus, E., Abdurachman, T., & Prawirayudha, A. (2022). Pengelolaan Modal Usaha untuk UMKM Tangsel di Gerai Lengkong “Oleh-Oleh Khas Tangselâ€. DEDIKASI PKM, 3(2), 220-224.
Solihin, D. (2022). Service Pemasaran. Banten: CV. AA RIZKY.
Solihin, D., & Ahyani, A. (2022). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Electronic Word of Mouth (E-Wom) and Social Media on Purchase Intention. Majalah Ilmiah Bijak 19(2), 193-205.
Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi online untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191
Syukri, A.U., & Sunrawali, A.N. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 19(2).