Strategi Pengembangan Usaha Warung Makan Indramayu Melalui Aplikasi Media Sosial (Instagram dan Tiktok)

Authors

  • Edy Yulianto Putra Universitas Internasional Batam
  • Adeline Adeline Universitas Internasional Batam
  • Erika Erika Universitas Internasional Batam
  • Melissa Lestari Universitas Internasional Batam
  • Wui Ching Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27522

Keywords:

Pemasaran Digital, E-commerce, Instagram, TikTok

Abstract

Teknologi internet yang berkembang dengan pesat memberikan kemudahan bagi semua pengguna untuk mengakses informasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Adanya internet juga dimanfaatkan sebagai alat dalam bisnis yang memungkinkan untuk membeli barang-barang yang diperlukan tanpa melalui toko secara langsung. Karena kemudahan tersebut yang pada akhirnya meningkatkan pengguna internet dan memberikan peluang bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dalam memasarkan produknya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk membantu mengembangkan strategi pemasaran serta meningkatkan pendapatan UMKM Warung Indramayu lewat media sosial dikarenakan pemasaran sebelumnya masih terbatas pada e-commerce kuliner. Metode yang dipakai dalam pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode wawancara kepada pemilik UMKM dan observasi dengan pengumpulan data kualitatif terhadap konsumen dari UMKM Warung Indramayu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan pemilik UMKM mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pemasaran digital dengan konten menarik yang dilakukan lewat media sosial lainnya seperti Instagram dan TikTok untuk bisa memaksimalkan jangkauan target konsumennya lebih banyak.

References

Az-zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 77–88.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Murdiani, T., Asnusa, S., & Ramaputra, M. G. (2022). Pemanfataan Media Sosial Pilihan UMKM untuk Mendukung Upaya Digital Marketing. Prosiding Seminar …, 117–125. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/3256%0Ahttps://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/download/3256/1435

Permadi, R. N., Sari, M. R., & Prawitasari, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1695

Septira, I. A., Susanti, D. A., Oktafiani, C., & Putri, L. N. (2022). Keunggulan Media Sosial sebagai Strategi Digital Marketing bagi Pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak, 2(1), 14–19.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Putra, E. Y., Adeline, A., Erika, E., Lestari, M., & Ching, W. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Warung Makan Indramayu Melalui Aplikasi Media Sosial (Instagram dan Tiktok). DEDIKASI PKM, 4(1), 69–74. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27522