Pembentukan Generasi Mandiri Dan Kreatif Sesuai Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Laura Komala Universitas Pamulang
  • Arief Budiyanto Universitas Pamulang
  • Imbron Imbron Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27540

Keywords:

Pelajar Pancasila, Kemandirian, Kreatif, Via Medika

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Tim Dosen Universitas Pamulang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada Siswa SMK Via Medika agar menjadi pribadi yang mandiri dan juga kreatif sesuai dengan profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan pada Pengabdian masyarakat ini berupa Penyampaian materi yang dilakukan menggunakan infocus secara offline, simulasi terhadap permasalahan yang terjadi pada sosial kemasyarakatan dan diakhiri dengan diskusi serta tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat dalam mengikuti pemberian materi, tanya jawab dan diskusi, serta bertambahnya pemahaman mengenai profil pelajar Pancasila yang mandiri dan kreatif serta dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme.

References

Aswir, & Misbah, H. (2018). Pendidikan Karakter Mandiri Dan Disiplin Santri Pp Mambaus Sholihin Suci Manyar, Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(1), 109–126.

Bramantha, H. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Situbondo Heldie. Madrosatuna; Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21–28.

Budiyanto, A., Imbron, I., & Zaman, M. B. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ppkn Smk Via Medika Ciputat. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 198–204. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V4i3.254

Kamaruddin, E. (2017). Penerapan Sistem Penilaian Berbasis Penalti Untuk Membentuk Karakter Jujur, Mandiri, Dan Tanggung Jawab Siswa Sma Di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pinter : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 1(2), 101–115. Https://Doi.Org/10.21009/Pinter.1.2.3

Nurhidayah, S., Pramintari, R. D., & Verawati, N. (2015). Konsep Diri Dan Kemandirian Dengan Kecemasan Pada Siswa Kelas X Dan Xi. Soul; Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, Vol. 8(No. 1), 6–8. Https://Doi.Org/10.16309/J.Cnki.Issn.1007-1776.2003.03.004

Nurjanah, S. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Pelajar (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila Di Kalangan Pelajar). El-Wasathiya; Jurnal Studi Agama, 5(1), 93–106.

Nuryani, A., Baedhowi, & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Kemandirian Belajar Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 15–29.

Safi’ah, R., & Marhumah, M. (2018). Pendidikan Karakter Mandiri Siswa Mi Baiquniyyah Dan Anak Binaan Rsb Diponegoro. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 235–258. Https://Doi.Org/10.36768/Abdau.V1i2.13

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Komala, L., Budiyanto, A., & Imbron, I. (2023). Pembentukan Generasi Mandiri Dan Kreatif Sesuai Profil Pelajar Pancasila. DEDIKASI PKM, 4(1), 75–80. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27540