Pembentukan Generasi Muda yang Cerdas dan Berkarakter Sesuai Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Nanda Rodiyana Universitas Pamulang
  • Rahadyan Tajuddien Universitas Pamulang
  • Alvin Praditya Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27544

Keywords:

Pelajar Pancasila, Cerdas, Karakter, Via Medika

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Tim Dosen Universitas Pamulang ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada Siswa SMK Via Medika agar menjadi pribadi yang cerdas dan berkarakter sesuai dengan profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan pada Pengabdian masyarakat ini berupa Penyampaian materi yang dilakukan menggunakan infocus secara offline, simulasi terhadap permasalahan yang terjadi pada sosial kemasyarakatan dan diakhiri dengan diskusi serta tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat dalam mengikuti pemberian materi, tanya jawab dan diskusi, serta bertambahnya pemahaman mengenai profil pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter serta dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan terhindar dari pergaulan yang salah.

References

Aswir, & Misbah, H. (2018). Pendidikan Karakter Mandiri dan Disiplin Santri PP Mambaus Sholihin Suci Manyar, Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(1), 109–126.

Bachri, S., & Suharnan, S. (2014). Kecerdasan Emosi, Persepsi terhadap Pendidikan Karakter Cinta Damai dan Penyesuaian Diri Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 52–64. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.369

Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 302–308. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Jaudi. (2017). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (IESQ) dalam Perspektif Al-Qur’an (Telaah Analitis QS Maryam Ayat 12 – 15). Jurnal Pendidikan Islam, 07(01), 2086–9118.

Malihah, T., & Sabri. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Mensimulasikan Nilai-Nilai Persatuan Pada Masa Islam Di Indonesia Menggunakan Metode Simulasi. Primary, 8(1), 121–134.

Safi’ah, R., & Marhumah, M. (2018). Pendidikan Karakter Mandiri Siswa Mi Baiquniyyah Dan Anak Binaan RSB Diponegoro. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 235–258. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.13

Sarbini, M., & Wahidin, U. (2020). Pendidikan Rabbani Untuk Penguatan Karakter Remaja. Pendidikan Islam, 09(01), 149–160.

Situmorang, Z. R. D., Hastuti, D., & Herawati, T. (2016). Terhadap Karakter Remaja Perdesaan. Jurnal Ilmiah Kelekatan, Komunikasi Dan Karakter Remaja, 9(2), 113–123.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Rodiyana, N., Tajuddien, R., & Praditya, A. (2023). Pembentukan Generasi Muda yang Cerdas dan Berkarakter Sesuai Profil Pelajar Pancasila. DEDIKASI PKM, 4(1), 89–94. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27544