Strategi Penguatan Digital Marketing Produk Lokal di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Pamulang
  • Nugroho Adi Utomo Universitas Pamulang
  • Nurilah Hanum Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27603

Keywords:

Strategi Pemasaran, Digital Marketing, Produk Lokal

Abstract

Perkembangan teknologi yang makin pesat mempengaruhi tren pemasaran saat ini, dimana mulai beralih kepemasaran online atau digital marketingDigital Marketing System memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan bertukar informasi, juga lebih mudah dalam menawarkan produk, serta jangkauan pemasarannya lebih luas dan efisiensi biaya pemasaran. Kemudahan inilah alasan penggunaan Digital Marketing System di UMKM desa Ciampea Udik, Jalan Raya Cikampak No. 64, Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, abupaten Bogor, Indonesia 16620. UMKM melakukan pemasaran langsung kepada konsumen tanpa melalui distributor, merubah produk dalam bentuk lainnya dan digital marketing system, seperti menggunakan media sosial berupa Facebook, WhatsApp maupun Instagramyang kemudian dikembangkan dengan Website. Pengembangan strategi digital marketing tersebut melalui tahap segmentasi, targeting, dan positioning. Kemudian mengkombinasikan 3 unsur bauran pemasaran berupa harga, produk, dan tempat, untuk mendukung maka unsur kempat yaitu promosi sebagai inti dari strategi digital marketing. Pengembangan strategi digital marketing berisi informasi mengenai variasi produk, harga dan cara pemesanan, penjualan langsung maupun layanan pesan antar. Pelatihan aplikasi Tokopedia diharapkan lebih memudahkan peserta UMKM menginfokan produk-produknya.

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Arief, M.Rudyanto. 2011, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php Dan Mysql, Andi, Yogyakarta.

Arsid, H., Kumara, D., Hanum, N., & Dimyati, A. (2021). Membangkitkan Ukm Dalam Dunia Pesantren: Upaya Meningkatkan Ekonomi Ummat Di Pondok Pesantren Yatim Al Hanif Kel. Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 192-198.

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Pt Raja Grapindo

Boon, Kurtz (2008). Contemporary Marketing., New York: Sount-West Cengage Learning.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation And Practice (6th Ed.). Pearson.

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning And Optimizing Your Digital Marketing. Abingdon: Routledge.

Dedi Purwana, Rahmi, & Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Umkm Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol.1. No.1.

Dimyati, A., Kumara, D., Muthmainah, M., Cahyadi, E., & Lestari, A. W. (2021). Pemanfaatan Potensi Sampah Sebagai Sumber Daya Untuk Meningkatkan Indeks Kemandirian Masyarakat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 529-533.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip, Dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, Mm. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Mutmainnah, M., Utomo, N. A., & Hanum, N. (2023). Strategi Penguatan Digital Marketing Produk Lokal di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 103–110. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27603