Mengemas Content Marketing Untuk Produk Lokal Dalam Era Digital di Desa Ciampea Udik

Authors

  • Dedek Kumara Universitas Pamulang
  • Kasmad Kasmad Universitas Pamulang
  • Ahmad Dimiyati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27606

Keywords:

Content Marketing, Era Digital, Marketplace

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada kali ini merupakan kegiatan PKM yang berkelanjutan dengan sasaran desa binaan di daerah Ciampea Udik yang beralamat di Jl. Wr. Borong No.22, Bojong Rangkas, Kec. Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16620. Banyak masyarakat para penggiat UMKM dan Wirausahawan Desa Ciampea Udik yang belum memanfaatkan dan mengoptimalkan sarana media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk mereka baik barang ataupn jasa. Kekurang pahaman mengenai pemanfaatan marketplace menjadi kendala utama pada masyarakat, padahal dengan potensi daerah yang mereka miliki, akan sangat memungkinkan produk ekonomi yang potensial tersebut dapat bersaing di market jika pemasarannya memaksimalkan potensi marketplace yang ada saat ini. Dalam proses kegiatan ini metodenya berupa bimtek dimana narasumber akan berinteraksi aktif dengan audience, jadi lebih bersifat sharing interaktif, agar semua yang terlibat bisa merasakan manfaatnya langsung dan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang cara pengemasan content marketing di dunia digital marketing, sehingga pada akhirnya nanti dapat menerapkan pada usaha-usaha yang dikembangkan.

References

Alamsyah, V. (2021). Pelatihan Dan Pengenalan Digital Marketing: Menyusun Konten Marketing Pada Sma Regina Pacis. Journal Of Community Service And Engagement, 1(02), 52-55.

Kumara, D., Dhiani, H. P., & Wardani, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ukm Di Pondok Pesantren Yatim Al Hanif. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 5(2), 100-120.

Kumara, D., Arsid, A., & Warman, W. (2022). Bimbingan Teknis: Implementasi Bumdes dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Sebagai Desa Binaan. DEDIKASI PKM, 3(3), 397-400

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia. Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20-29.

Mukarromah, U., Sasmita, M., & Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Minat Beli Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Master: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73-84.

Prabowo, H., Senowarsito, S., Prabowo, A. B., & Indriasari, I. (2022). Pembuatan Konten Marketing Produk Bumdes Untuk Peningkatkan Minat Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 583-588.

Pusya, G. A. N. S. K., Dewi, A. K., & Putraka, A. N. A. (2022). Strategi Dan Penerapan Desain Konten Marketing Di Instagram Sebagai Brand Awareness Jealous Beauty Solution. Viswa Design: Journal Of Design, 2(1), 15-24.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (E-Journal), 8(1), 29-44.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.

Rindi Oktavia, R. O. (2021). Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui Website. Strategi Digital Content Marketing Pada Brand Royco Melalui Website.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com. Agora, 5(1).

Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 8-16.

Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Hearty: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2).

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Kumara, D., Kasmad, K., & Dimiyati, A. (2023). Mengemas Content Marketing Untuk Produk Lokal Dalam Era Digital di Desa Ciampea Udik. DEDIKASI PKM, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27606